Pimpin Penangkapan Buronan Nurhadi, Novel Baswedan Jadi Trending

Novel Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Nama Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan menjadi trending topik di media sosial Twitter setelah berhasil menangkap buronan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono pada Senin, 1 Juni 2020.

Mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, membocorkan bahwa Novel Baswedan memimpin operasi penangkapan itu dan berhasil membekuk buronan KPK Nurhadi di Simpruk.

"Kendati matanya dirampok penjahat yang 'dilindungi', tapi mata batin, integritas dan keteguhannya tetap memukau. Ini baru keren," tulis Bambang di Twitter yang dikutip pada Selasa, 2 Juni 2020.

Jay Idzes Jadi Sorotan Usai Indonesia Bekuk Vietnam, Bek Liga Italia Memang Beda!

Kasus Pungli di Rutan KPK, Eks Gubernur Sulsel hingga mantan Sekretaris MA Diperiksa

Mantan Ketua KPK, Abraham Samad, juga meyakinkan kalau operasi penangkapan terhadap Nurhadi dipimpin oleh Novel Baswedan. "Yang pimpin (Ops OTT) Novel Baswedan," kata Abraham lewat Twitter.
KPK Periksa Pengacara Lucas Terkait Kasus Dugaan TPPU Sekertaris MA Nurhadi


Sementara Pengasuh PPA Yatim Dhuafa Assa’adah, Hilmi Firdausi, juga ikut mengomentari cuitan Bambang Widjojanto terkait apresiasi Novel Baswedan yang memimpin langsung penangkapan buronan Nurhadi di kawasan Simpruk.

"Walau satu mata dirampok penjahat, tapi mata batin, integritas dan keteguhan Pak Novel Baswedan tetap luar biasa. Bravo," tulisnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, membenarkan bahwa penyidik Novel Baswedan menjadi salah satu petugas yang turut menangkap mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono pada Senin malam kemarin.

Meski begitu, Ghufron mengaku belum mengetahui secara detail apakah Novel Baswedan yang memimpin tim perkara ini atau bukan. "Novel ada dalam tim tersebut. Apakah dia kasatgasnya atau tidak, saya belum dapat laporannya," kata Ghufron.

Menurut dia, kerja lembaganya bukan sendiri tapi kerja tim. Namun, apakah Novel yang memimpin tim untuk melakukan penangkapan itu, Ghufron kembali berdalih belum mengetahui rinci. Yang jelas ia mengapresiasi kinerja tim institusinya.

"Tim KPK kalau kerja pasti banyak unit juga yang terlibat juga, dan ini karena semua tim kerja sama. Yang jelas kami apresiasi kepada semua anggota tim, termasuk pada mas Novel," ujarnya.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Buronan Nurhadi dan Menantunya

Jay Idzes

Gol Perdana 'Bang Jay' di Timnas Indonesia, Netizen Beri Pujian

Sosok 'Bang Jay' menjadi sorotan netizen usai kemenangan Timnas Indonesia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda menghajar Timnas Vietnam 3-0

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024