Beberapa Provinsi Alami Peningkatan Tajam Jumlah Kasus Positif Corona

Test swab COVID-19 virus corona
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Juru Bicara Khusus Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, memperbarui data kasus positif virus Corona atau COVID-19, hingga Kamis, 4 Juni 2020. Disebutkan, kasus penularan terus bertambah, menjadi 585 pasien menjadi total 28.818 kasus positif.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Secara rinci, kata Yurianto, beberapa provinsi mengalami peningkatan cukup signifikan seperti Kalimantan Selatan. Diungkapkannya Kalimantan Selatan hari ini melaporkan adanya kenaikan kasus positif sebanyak 109 kasus. Sehingga total kasus positif di Kalimantan Selatan berjumlah 1.142 kasus.

"Dari penyelidikan epidemologi yang dilakukan dari pelacakan ini kontak erat dua pasar yang terjadi dalam seminggu lalu. Jumlah ini cukup banyak dan hari ini tidak ada yang dilaporkan sembuh," kata Yuri dalam laporan harian COVID-19 yang disiarkan secara streaming di YouTube BNPB, Kamis 4 Juni 2020. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Lebih lanjut Yuri merincikan penambahan kasus positif juga terjadi di DKI Jakarta. Dilaporkan hari ini penambahan kasus positif di DKI Jakarta sebanyak 94 kasus sehingga total kasus COVID-19 di DKI Jakarta hingga hari ini mencapai 7.717 kasus.

"Hari ini Jakarta dilaporkan ada penambahan 94 kasus. Dan dilaporkan kasus sembuh sebanyak 21," kata Yuri.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Selain itu, penambahan kasus juga terjadi di Jawa Timur yang tercatat sebanyak 90 orang. Sehingga total kasus COVID-19 di Jawa Timur sebanyak 5.408.

Sulawesi Selatan juga mencatatkan penambahan kasus sebanyak 54 kasus, kasus sembuh juga tercatat di Sulawesi Selatan sebanyak 3 orang. Penambahan kasus juga terjadi di Sumatera Utara sebanyak 44 kasus, namun hari ini dilaporkan pasien sembuh sebanyak 7 orang.

"19 provinsi hari ini dilaporkan ada kenaikan di bawah 10 kasus, antara 9 di Jawa Barat, dan 18 sembuh. Kalimantan Timur dilaporkan ada 6 dan 7 pasien dinyatakan sembuh. 19 provinsi lainnya ada Jambi yang tercatat ada penambahan 2 kasus dan dilaporkan 10 orang sembuh," kata dia. 

Selain itu, hari ini kata Yuri di Kalimantan Barat tidak tercatat penambahan kasus, namun pasien sembuh tercatat ada 15 orang. Kalimantan Utara tidak ada penambahan kasus dilaporkan 8 sembuh dan beberapa provinsi yang dilaporkan tidak ada penambahan kasus positif. 

Baca juga: Anies Perpanjang PSBB Jakarta, Kegiatan Sosial Ekonomi Dibuka Bertahap

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya