Kata Gubernur Trending Twitter, Ternyata Soal Alkitab Bahasa Minang

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Kata 'Gubernur' menjadi trending Twitter Indonesia pada Jumat, 5 Juni 2020. Namun apa yang sebenarnya diperbincangkan, dibahas dan ditautkan netizen Twitter alias netter terkait kata gubernur itu.

Shenina Cuek di Samping Mingyu Seventeen, Trending di Twiter!

Pantauan di lini masa Twitter, kata gubernur ini paling banyak merujuk pada berita dan komentar mengait Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang tak terima ada Injil atau kitab suci agama Kristen yang berbahasa Minang. Diketahui bahwa Injil atau Alkitab memang banyak diterjemahkan ke banyak bahasa suku di dunia. Hal tersebut telah menjadi kultur sejak lama.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno diketahui menyurati Menkominfo agar menghapus aplikasi Alkitab berbahasa Minang. Soal ini lalu ramai-ramai dibahas oleh netter.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

"Bahasa Minang bukan milik satu agama. Dia sarana komunikasi antarmanusia. Manusianya bisa beragama apa saja. Bahasa itu sendiri lebih tua dari agama-agama yang kini dianut. Logika sedasar ini, bagian mana yang susah dipahami?" dicuitkan aktivis, pegiat medsos dan pembuat dokumenter Dandhy Laksono lewat akunnya @Dandhy_Laksono.

Sementara netizen lain juga mengomentari hal ini.

Main di Film Hamka & Siti Raham (Vol 2), Laudya Cynthia Bella Kesulitan Ini

"its a simple solutions actually,  DONT USE @GooglePlay or @Google @Androidandroid or whatsoever, create your own," kata netizen akun @fr8ten.

Sementara pencarian lain yang menggunakan kata gubernur juga mengacu pada berita soal Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Baca juga: 3 Kritik PBNU ke Pemerintah yang Dicap Buru-buru Tiadakan Haji 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya