286 Tambahan Kasus, Jawa Timur Sumbang Kasus Corona Tertinggi

Virus corona di Jawa Timur
Sumber :

VIVA – Kasus virus corona Jawa Timur masih menunjukkan angka tinggi. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, Provinsi Jawa Timur masih terjadi peningkatan tertinggi kasus yang dinyatakan positif COVID-19 pada hari Sabtu, 6 Juni 2020.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menurut dia, pihaknya telah melakukan pemeriksaan sebanyak 13.095 spesimen, baik yang dilakukan pemeriksaan real time PCR maupun rapid test molekuler. Total yang sudah diperiksa hari ini adalah 394.086 spesimen. Dari hasil tersebut, didapatkan kasus positif di Tanah Air sebanyak 993 orang sehingga total 30.514 orang.

"Kalau kita lihat lebih detail kenaikan tertinggi hari ini kita dapatkan dari pemeriksaan di Jawa Timur sebanyak 286 kasus, meskipun pada hari yang sama Jawa Timur juga melaporkan kasus sembuh sebanyak 154 kasus," kata Yuri seperti dilansir dari Youtube BNPB Indonesia pada Sabtu, 6 Juni 2020.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Baca Juga: Helikopter TNI Jatuh di Kendal Bawa 9 Penumpang

Kemudian, kata dia, di DKI Jakarta sebanyak 104 kasus positif dan kasus sembuh sebanyak 85 orang. Yuri mengatakan, berdasarkan kajian DKI yang didapatkan dari data sebagian diperoleh dari hasil tracing yang dilaksanakan secara agresif terhadap kontak positif.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Ditambah lagi kepada pekerja migran Indonesia yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya.

Selanjutnya, Yuri mengatakan Papua ada 87 orang bertambah. Disusul Sulawesi Utara sebanyak 79 orang, Sumatera Utara ada 68 orang. Data tersebut merupakan jumlah tertinggi penambahan kasus positif COVID-19.

"Sementara, masih ada 17 provinsi yang melaporkan penambahan kasus di bawah 10 orang, bahkan beberapa di antaranya tidak ada penambahan kasus," jelas dia.

Di samping itu, Yuri juga menyampaikan kabar yang cukup menggembirakan soal pasien sembuh. Contohnya, Banten ada 36 kasus baru tapi yang sembuh sebanyak 41 orang. Kalimantan Barat, kata dia, ada 15 pasien sembuh dan kasus baru 10 orang.

Selain itu, Kalimantan Timur ada 10 orang kasus baru tapi pasien sembuh sebanyak 22 orang. Begitu juga Kepulauan Riau, ada 4 kasus baru tapi pasien sembuh sebanyak 12 orang. Selanjutnya, Kalimantan Utara ada 1 kasus baru dan 12 kasus sembuh.

"Bengkulu tidak ada penambahan kasus dan ada yang sembuh 12 orang. Oleh karena itu, total sembuh yang kita akumulasikan adalah 464 orang sehingga total 9.907 orang," ujar Yuri memberikan informasi terkait update COVID-19 di tanah air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya