Kronologi Helikopter TNI Jatuh di Kendal, Korban Meninggal Bertambah

Helikopter jatuh di KIK Kaliwungu Kendal
Sumber :
  • Youtube tvOne

VIVA – Helikopter TNI jatuh dan menyebabkan korban jiwa. Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat dengan nomor registrasi HA 5141 mengalami kecelakaan, terjatuh dan terbakar di Kawasan Industri Kendal Kaliwungu, Jawa Tengah pada Sabtu, 6 Juni 2020. Ada sembilan orang yang menjadi korban atas jatuhnya helikopter tersebut.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus lewat rilis yang diterima menjelaskan helikopter TNI yang jatuh tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program pendidikan calon perwira penerbang 1.

Menurut Nefra, helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang, karena saat dilaksanakan pre-flight check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke-2) juga berjalan dengan aman.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

"Sekitar jam 12.35 siang tadi, helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang tactical manuver. Sekitar jam 13.40 siang tadi, Helikopter MI-17 ini jatuh di Kaliwungu, Kec. Kendal, Jawa Tengah," kata Nefra.

Baca Juga: 286 Tambahan Kasus, Jawa Timur Sumbang Kasus Corona Tertinggi

Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

Setelah jatuh, kata dia, Helikopter TNI, MI-17 ini terbakar dan menyebabkan 4 orang crew meninggal dunia dan 5 orang lainnya luka-luka. Korban luka-luka saat ini sudah eievakuasi ke Rumah Sakit terdekat. "Penyebab jatuhnya Helikopter MI-17 TNI AD masih dalam proses investigasi," ujarnya.

Sementara, empat orang yang meninggal dunia adalah Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro dan Lettu Cpn Wisnu. Sedangkan, korban yang mengalami luka-luka di antaranya Lettu Cpn Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, Praka Supriyanto dan Praka Andi.

Sebelumnya diberitakan, tiga orang meninggal dunia. Dan info terbaru korban meninggal dunia menjadi 4 orang. 

Korban jatuh-nya Helikopter MI-17 TNI AD adalah sbb :

1. Kapten Cpn Kadek (MD)
2. Kapten Cpn Fredi (MD)
3. Kapten Cpn Y Hendro (MD)
4. Lettu Cpn Wisnu (MD)
5. Lettu Cpn Vira Yudha
6. Praka Nanang
7. Praka Rofiq 
8. Praka Supriyanto
9. Praka Andi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya