BNPB Sebut Sepanjang Pantura Jawa Terendam Banjir Rob

Banjir Rob Tegal.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA –  Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penaggulan Bencana (BNPB) memcatat, banyak daerah yang berada di pesisir Pulau Jawa khusunya daerah Jawa Tengah mengalami bencana banjir rob (naiknya permukaan air laut) pada dua hari lalu. 

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

"Enam wilayah administrasi setingkat kabupaten dan kota di Jawa Tengah mengalami rob," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati di Jakarta, Minggu, 7 Juni 2020. 

Raditya merinci, daerah yang terendam banjir rob diantaranya: di Kota Tegal dan Semarang, Kabupaten Batang, Demak, Kebumen, Pemalang, Brebes dan Kendal. 

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

"Ketinggian muka air beragam di beberapa wilayah. Bahkan di Kabupaten Kebumen, tinggi muka air dari 250 hingga 600 cm," ucapnya. 

Menyikapi rob di Jawa Tengah, Badan Nasional Penaggulan Bencana Daerah (BPBD) provinsi dan kabupaten serta kota telah memonitor dan memperingatkan warga untuk siaga dan waspada terhadap potensi bahaya. 

Gerakan Muslim Jawa Tengah Dukung Sudaryono Jadi Cagub Jateng

"Rob terjadi hampir di sepanjang wilayah pantai utara Jawa atau Pantura dan beberapa titik di wilayah Provinsi Banten dan Jambi," kata dia. 

Selain itu, BNPB melaoorkan di wilayah DKI Jakarta, warga juga diimbau untuk siaga dan waspada terhadap bahaya rob. Pusdalops memantau rob di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Berdasarkan pantauan melalui aplikasi wxTide, potensi pasang tertinggi pada 8 hingga 9 Juni di wilayah Jakarta. 

Baca juga: Update Corona Indonesia 7 Juni 2020: Positif 31.186, Meninggal 1.851

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya