VIDEO: Warga DKI Kembali Kerja dari Kantor, Antrean Penumpang KRL 1 Km

Antrean di Stasiun Kereta
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Sejumlah perusahaan mulai kembali meminta karyawannya untuk bekerja di kantor setelah sebelumnya memberlakukan work from home. Sejak pagi hari ini Senin, 8 Juni 2020 kepadatan sudah terjadi di sejumlah stasiun kereta api. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dilihat dari tayangan tvOne, kepadatan terutama terjadi di sejumlah stasiun di daerah penyangga Ibu Kota seperti di stasiun Bogor, Bekasi, dan Rangkasbitung. Seperti yang terjadi di stasiun Bogor di mana antrean panjang terlihat dan antar penumpang juga menerapkan jarak sehingga membuat antrean semakin panjang. 

Selain itu di stasiun Bekasi petugas gabungan dari TNI, Polri dan petugas internal stasiun bekerja keras agar tidak terjadi penumpang diarea peron maupun di dalam KRL. Petugas menerapkan sistem buka tutup sehingga penumpang harus menunggu hingga pintu di buka. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca Juga: 5 Provinsi Sumbang Kasus COVID-19 Tertinggi, DKI Jakarta Termasuk

Di Stasiun Rangkasbitung antrean yang terjadi cukup panjang bahkan mencapai 1 kilometer. Penumpang yang tidak sabar berdesakan dan tidak mengindahkan physical distancing. Para penumpang berebut agar bisa masuk ke dalam stasiun. Di stasiun Rangkasbitung sendiri penumpang yang melakukan perjalanan dibatasi menjadi 100 penumpang saja. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sebelumnya, Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, telah menyampaikan jika ada 935 perjalanan KRL per hari, bertambah 161 perjalanan dibandingkan frekuensi pada masa PSBB. 

Sementara untuk jumlah pengguna yang diizinkan di dalam tiap kereta atau gerbong, PT KCI mengikuti aturan dari Kementrerian Perhubungan yang hanya mengizinkan untuk melayani 35-40 persen dari kapasitas per kereta. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo juga menyampaikan jika masyarakat sudah mulai memadati transportasi umum, termasuk KRL Commuterline. Tetapi pihaknya terus berusaha agar masyarakat bisa tertib dengan mempersiapkan marka dan menyiagakan petugas di stasiun untuk mengatur para penumpang. 

"Saya melihat masyarakat yang akan menggunakan KRL sudah tertib untuk antre masuk ke stasiun dan kereta. Seluruh penumpang yang masuk ke stasiun sudah dipastikan memakai masker dan dicek suhu tubuhnya,” ujar Didiek. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya