Pemprov Jatim Puji Upaya Polri Selamatkan Nyawa Pasien COVID-19

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Jawa Timur (Jatim) telah mendapatkan dukungan dan bantuan untuk penanganan COVID-19 dari berbagai pihak mulai dari dunia usaha, yayasan, masyarakat, TNI, BIN, Kemenkes, Satgas Pusat COVID-19 hingga Polri. 

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Merespons bantuan ventilator yang diberikan Polri kepada jejaring RS Bhayangkara di Jawa Timur, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras seluruh stake holder yang ada di sana.  

"Kami berterima kasih dan bersyukur atas kerja keras yang luar biasa dari tim Polri, Polda, Polres, Polsek hingga bhabinkantibnas yang telah mengawal penanganan COVID-19 bahkan sampai penanganan kampung tangguh, PSBB hingga sekarang menyiapkan transisi new normal,” ujar Emil, Selasa 9 Juni 2020. 

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

“Bukan saja itu, kini mereka juga telah mendukung upaya kuratif dengan menyediakan ventilator yang merupakan bagian penting upaya penyembuhan dan penyelamatan nyawa bagi pasien kritis," tambahnya.

Menurut Emil, kolaborasi seluruh pihak menjadi kunci Pemprov Jatim untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pendukung termasuk salah satunya ketersediaan ventilator. 

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

"Jadi tidak hanya upaya promotif preventif saja yang kami lakukan, upaya penyembuhan menjadi fokus utama kita bersama" ungkapnya. 

Terkait New Normal, Emil menekankan pentingnya proses transisi, serta turut memperhatikan aspek epidemologis yang diantaranya melibatkan angka R0 (r-naught) dan RT (rate of transmission). 

Seperti diketahui Pemprov Jatim juga baru saja menerima bantuan ventilator dari Kemenkes RI. Selain itu, berbagai instansi termasuk diantara BNPB, BIN, BUMN, TNI, hingga Polri terus memperhatikan kebutuhan Pemprov Jatim dalam rangka mendukung upaya penanganan pasien COVID-19 sesuai prinsip 3T yaitu tracing, testing dan treating atau telusur, pengujian dan pelaksanaan. 

"Bahwa di situasi seperti ini semangat gotong royong ini telah terbangun, kita wajib optimis dalam menghadapi pandemi ini ditambah dengan semakin dewasanya masyarakat dalam memahami protokol kesehatan, ini adalah modal awal untuk menyambut transisi menuju new normal" kata dia.

Baca juga: Heboh, Ada Temuan Potongan Kaki di Danau Depok

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya