Tambahan Positif Corona di Sulsel dan Kalsel Balap Angka DKI Jakarta

Evakuasi Jenazah pasien COVID-19 dari RS Wahidin Makassar beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Hari ini dilaporkan kasus konfirmasi positif di Indonesia bertambah sebanyak 1.106 kasus. Sehingga total kasus konfirmasi positif Corona COVID-19 hingga Selasa 16 Juni 2020 mencapai 40.400 orang.

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

“Kita sudah melaksanakan pemeriksaan spesimen sebanyak 17.052 spesimen. Sehingga jumlah pemeriksaan spesimen yang telah diperiksa sebanyak 40.400 spesimen. Dari hasil ini kita dapatkan kasus positif terkonfirmasi adalah 1.106 kasus. Sehingga total kasus konfirmasi positif sebanyak 40.400 kasus,” kata Juru Bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers laporan data harian yang disiarkan secara streaming di akun YouTube BNPB, Selasa 16 Juni 2020.

Dari data tersebut, Yuri menjelaskan kasus konfirmasi positif didominasi beberapa daerah di antaranya Jawa Timur hari ini melaporkan 245 kasus baru sehingga total kasus mencapai 8.308,  dan dilaporkan 71 sembuh. Sulawesi Selatan (Sulsel) 175 kasus baru sehingga total kasus mencapai 3.116 dan dilaporkan 44 sembuh. Kalimantan Selatan (Kalsel) ada 169 kasus baru, sehingga total kasus mencapai 2.122 dan dilaporkan 6 sembuh.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Sementara DKI Jakarta, 101 kasus baru sehingga total kasus mencapai 9.222 dan dilaporkan 134 sembuh. Jawa Tengah 56 kasus baru, sehingga total kasus mencapai 2.231 dan dilaporkan 30 sembuh.

"Penambahan kasus baru didapatkan dari beberapa daerah tersebut didapatkan dari tracing yang agresif dari tiap kasus positif yang dirawat. Tracing ini ditindaklanjuti dengan pemeriksaan antigen menggunakan real time PCR atau TCM yang kemudian didapatkan hasil seperti yang kami sampaikan tadi," kata Yuri.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Yuri menjelaskan, penambahan kasus ini memang kontak dekat yang kemudian dilakukan tracing secara agresif, yang dilanjutkan dengan melakukan testing menggambarkan hasil positif yang cukup banyak. 

"Ini menjadi penting, karena kasus positif ini harus betul-betul diedukasi untuk melaksanakan isolasi dengan baik. Apabila menunjukkan gejala yang membutuhkan rawatan maka kasus ini akan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan. Namun, pada kasus gejala ringan kita minta lakukan isolasi mandiri secara ketat yang telah kita berikan menjadi kunci memutus mata rantai penularannya," kata Yuri. 

Dalam laporan data harian kasus hari ini diketahui beberapa daerah memiliki kasus konfirmasi positif yang lebih sedikit dibandingkan dengan kasus sembuh. Beberapa diantaranya adalah Papua yang melaporkan 32 kasus baru dan 103 kasus sembuh. Banten melaporkan 34 kasus baru dan 25 kasus sembuh. Sumatera Barat melaporkan 6 kasus baru dan 36 kasus sembuh. 

"ada 18 provinsi yang melaporkan ada penambahan kasus di bawah 10, dan 7 provinsi yang melaporkan tidak ada kasus hari ini seperti Aceh, Jambi, Kepulauan Riau, Lampung, Riau, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur" kata Yuri.

Baca juga: Novel soal Penyerangnya: Dibebaskan Saja daripada Mengada-ada


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya