Kiat Jitu Jaga Imunitas Lansia Pada Masa Pandemi COVID-19

Kiat menjaga dan meningkatkan imunitas serta kesehatan lansia saat pandemi
Sumber :
  • tvOneNews.com

VIVA – Seiring pertambahan usia, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan. Mulai dari menurunnya produksi pigmen warna rambut dan produksi hormon.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Selain itu, kondisi kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, kekuatan gigi, hingga fungsi organ-organ tubuh juga jadi faktor-faktor yang dipengaruhi akibat pertambahan usia.

Namun tentunya, tak cuma bicara soal organ saja dari efek faktor pertambahan usia. Kondisi tersebut juga dapat mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh.

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Baca juga: Kabar Pramugari Garuda Indonesia Boleh Tak Pakai Masker Jadi Sorotan

Sistem imun sebagai pelindung tubuh pun tidak bekerja sekuat ketika masih muda. Inilah alasan mengapa orang lanjut usia (lansia) rentan terserang berbagai penyakit, termasuk virus corona.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Berikut cara menjaga imunitas lansia di masa pandemi saat ini menurut ahli spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, SpGK, MS (K) dalam program LifestyleOne di tvOne, Kamis 18 Juni 2020:

1. Lansia cenderung memiliki penurunan nafsu makan karena kadar hormon menyusut. Gangguan fungsional tubuh lansia menyebabkan banyak organ pencernaan yang mulai tak berfungsi sempurna, termasuk juga hormon.

Hal ini dapat disiasati dengan menstimulus untuk selalu berfikir positif dan sebisa mungkin menghindari stres untuk menjaga dan mempertebal imunitas tubuh lansia.

2. Minum susu dengan kandungan kalsium yang tinggi terbukti baik untuk lansia menjaga tulang dan daya tahan tubuh guna menunjang imunitas yang tinggi.

Ikan teri basah dn brokoli adalah beberapa bahan makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi.

Baca juga: Geger Video Ahmad Dhani Sebut PDIP Berupaya Sekulerkan Indonesia

3. Bahan makanan yang berupa sayuran hijau juga masuk dalam kategori ideal asupan untuk lansia karena kaya serat dan mencegah sembelit.

4. Selain kalsium, kandungan protein juga sama pentingnya untuk menjaga kekebalan tubuh pada lansia. Protein itu menjadi salah satu unsur utama untuk memperkuat sel-sel tubuh melawan virus dan bakteri dan cadangan energi untuk para lansia.

5. Batasi konsumsi makanan yang manis-manis atau mengandung kadar gula yang tinggi.

6. Cara memasak bahan makanan dengan dicincang agar lebih halus dan lembut sehingga tidak menyulitkan kondisi gigi lansia saat dikunyah.

7. Menu makanan dengan gizi seimbang dan variatif yang juga ditunjang dengan buh-buahan, seperti pepaya untuk meredakan sembelit, buah pisang dan melon bisa jadi pilihan karena teksturnya yang lembut.

Baca juga: VIDEO: Detik-detik Mobil Tabrak Kerumunan Demonstran di AS

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya