12 Dokter Residen RSU Soetomo Surabaya Positif COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tenaga medis di Indonesia semakin banyak yang ikut terpapar virus corona. Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya, Joni Wahyuadi bahkan mengabarkan, sebanyak 12 dokter residen peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Airlangga (Unair) yang bertugas di rumah sakitnya terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19. Dari jumlah itu, hanya dua orang yang dirawat intensif di rumah sakit.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Informasi dari Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas COVID-19 itu sekaligus membantah kabar beredar sebelumnya yang menyebutkan bahwa sebanyak 22 dokter residen yang terpapar corona. Ia mempertanyakan kabar itu dan menegaskan bahwa dokter residen yang terpapar corona sementara ini hanya 12 orang.

Sepuluh dokter residen terjangkit corona dengan kondisi ringan dan sedang. Mereka semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara dua dokter lainnya yang juga terpapar corona, kata Joni, dirawat intensif di rumah sakit. “Yang sudah kita rawat di (ruang) intensif dua (okter),” katanya dikonfirmasi wartawan pada Minggu, 21 Juni 2020.

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Soetojo, enggan membeberkan jumlah pasti dokter residen PPDS yang terinfeksi corona. Ia meminta awak media mengkonfirmasi soal itu secara langsung pada Joni. Namun, Soetojo membenarkan bahwa kebanyakan dari dokter residen yang terpapar corona mengisolasi mandiri di rumah masing-masing. “Tanya Dokter Joni aja,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar kabar sebanyak 22 dokter residen PPDS terpapar corona yang disampaikan oleh Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, Febria Rachmanita alias Feny. Ia mengaku mendapatkan informasi itu dari pihak manajemen RSU dr Soetomo.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Usai mendapat informasi itu, Feny mengaku pihaknya langsung mendatangi RSU dr Soetomo untuk berkoordinasi dan memastikan hal tersebut. “Kita dari Gugus Tugas selalu melakukan tracing. Tadi ke RS dr Soetomo untuk melakukan tracing eksternal,” katanya kepada wartawan pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024