Nyaris Tenggelam, 94 Pengungsi Rohingya Diselamatkan Nelayan Aceh

Pengungsi rohingya dievakuasi ke perairan Aceh.
Sumber :
  • Dok. Polres Aceh Utara

VIVA – Satu unit kapal yang mengangkut 94 pengungsi Rohingya ditemukan oleh nelayan perairan Aceh. Kapal yang berisikan 25 pria dan 69 wanita itu ditemukan nelayan saat hampir tenggelam. 

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Setelah ditemukan 94 pengungsi Rohingya itupun dievakuasi menuju Kuala Tanah Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, dan belum diberikan izin untuk sandar ke darat. 

Kapolres Aceh Utara Ajun Komisaris Besar Polisi Tri Hadiyanto mengatakan, kapal yang mengangkut WNA itu pertama kali terlihat pada Senin, 22 Juni 2020 sore. Lalu ditarik oleh nelayan dan masuk ke pesisir Aceh Utara pada Rabu siang.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

"Kapal itu awalnya dilihat nelayan hampir tenggelam, sehingga nelayan kita membantu untuk mengevakuasi, jumlahnya sekitar 94 orang," kata Tri Hadiyanto, dikutip Kamis, 25 Juni 2020.

Sementara itu, Panglima Laot Aceh Utara, M Hasan menyebutkan kapal pengungsi Rohingya yang bernomor lambung 2017.811 itu masih belum diizinkan ke darat. Pihaknya masih melakukan koordinasi sembari memberikan bantuan makanan ke mereka.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Kini kapal yang mengangkut pengungsi Rohingya itu hanya terpaut 4 mil dari pesisir pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. 

"Belum diizinkan (ke darat). Ini kita masih di laut untuk menyerahkan bantuan," kata M Hasan.

Baca juga: Arab Saudi Batasi Jumlah Jemaah Haji, WHO: Ini Pilihan Sulit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya