Trik Awasi Tagihan Listrik, PLN Beri Tutorial Catat Meter Mandiri

Petugas PLN lakukan pemeliharaan jaringan listrik.
Sumber :
  • instagram.com/pln_id/

VIVA – PLN memastikan seluruh petugas pencatat meter akan melakukan pencatatan meter secara langsung ke rumah pelanggan pascabayar. Pencatatan ini akan digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan listrik di rekening bulan Juli nanti.

Capaian PLN 2021: Pelanggan 82,5 Juta, Rasio Elektrifikasi 99,43%

Pembacaan meter dilakukan dengan tetap memperhatikan Pedoman Pencegahan Pengendalian COVID-19 Kementerian Kesehatan RI untuk antisipasi penyebaran COVID-19.

“Akhir bulan Juni ini, Kami memastikan seluruh petugas mencatat ke rumah pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan.” ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, Agung Murdifi dalam situs resmi PLN.

Grab Permudah Mobilisasi Karyawan PLN

Baca juga: Takut Rapid Test, Pedagang Pasar Tanah Abang Kabur

­­Selain itu demi kenyamanan pelanggan, PLN juga menyiapkan layanan Lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123, pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

Pasca COVID-19 Pasien Rentan Alami Gula Darah Tinggi, Ini Gejalanya

Pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.

“Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan,” ujar Agung.

Baca juga: John Kei Minta Nus Kei Tangani Sengketa Tanah Saat di Nusakambangan

Apabila lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas dan pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp, sebagai alternatif PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik.

Implikasinya akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nantinya petugas PLN berhasil melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan tersebut.

Namun meski petugas baca meter telah kembali melakukan pembacaan meter dirumah, biar pelanggan lebih yakin, maka PLN telah berikan opsi Layanan Baca Meter Mandiri.

Baca juga: Terungkap Bengisnya Komplotan John Kei Tebas Tangan-Jari Sampai Putus

Mulai hari ini, Kamis 25 Juni 2020, pelanggan sudah bisa lapor catat meter mandiri. Ingat, setiap tanggal 24-27 setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk melaporkan angka stand meter rumah via layanan WhatsApp (WA) resmi PLN ke nomor 08122123123.

Berikut video tutorial cara mencatat nomor meter secara mandiri untuk para pelanggan listrik pasca bayar, yang dilansir Instagram @pln_id:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya