Viral Video Pendemo Tolak RUU HIP Tak Hapal Pancasila, Jadi Canggung

Menegaskan dan Memperbarui Demokrasi Pancasila?
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Sebuah video viral dibagikan akun Twitter @habibythink. Pada cuplikan video ini terlihat aksi koordinator demonstrasi yang tengah membacakan sila-sila Pancasila.

Ada Demo, Arus Lalu Lintas Menuju Depan DPR Dialihkan Hingga Pukul 18.00 WIB

Lucunya, saat membacakan Pancasila, sang koordinator aksi tidak hapal sila keempat. Tak ayal, si perekam video pun ikut tertawa dan mencoba mengoreksi hapalan itu.

Padahal, saat membaca sila pertama hingga ketiga, koordinator aksi mampu membaca dengan benar. Video tersebut pun menuai komentar bernada ejekan dari warganet.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

Diketahui, aksi demonstrasi itu dilakukan oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam lainnya pada Rabu 24 Juni 2020.

Aksi ini dilakukan di depan Gedung DPR/MPR RI. Para pendemo menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Pada kesempatan itu diketahui bahwa massa PA 212 juga membakar bendera PKI karena menolak adanya paham Komunisme di Indonesia.

Rektor Universitas Pancasila Dinonaktifkan Buntut Dugaan Kasus Pelecehan Seksual
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Polisi Prediksi Ribuan Orang Bakal Demo di KPU Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Polisi telah menyiagakan ribuan personel guna mengamankan pengumuman hasil Pemilu 2024 yang akan dibacakan KPU RI pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024