Akhirnya Jokowi Blusukan Lagi, Kali Ini ke Pasar Pelayanan Banyuwangi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Pelayanan Publik di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis sore 25 Juni 2020. Kabupaten Banyuwangi diketahui salah satunya dikenal dengan terobosan adanya Pasar Pelayanan Publik.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Pasar Pelayanan Publik memberikan pelayanan kependudukan dan perizinan, terintegrasi dengan pasar tradisional. Hal iti diklaim memudahkan warga untuk mengurus dokumen administrasi di tengah aktivitas berbelanja.

"Setibanya di Kabupaten Banyuwangi, Kamis, 25 Juni 2020, Presiden Joko Widodo langsung menuju Pasar Tradisional Kecamatan Rogojampi di mana salah satu unit Pasar Pelayanan Publik tersebut beroperasi," dikutip dari siaran pers resmi Sekretariat Presiden.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Dalam kesempatan itu dilaporkan bahwa Presiden Jokowi mengenakan pelindung wajah dan menjaga jarak aman. Jokowi juga dipandu oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang merupakan Politikus PDIP itu.

Setelahnya, Jokowi meninjau Pasar Pelayanan Publik Rogojampi yang merupakan program upaya pemerintah setempat untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Selama masa pandemi, Pasar Pelayanan Publik tersebut telah berbenah dengan turut menerapkan protokol kesehatan di tengah masa adaptasi kebiasaan baru.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Jokowi lebih lanjut melihat bagaimana antrean warga yang membutuhkan layanan telah diatur untuk menjaga jarak. Presiden juga melihat-lihat fasilitas pendukung yang ada seperti antrean online hingga mesin pencetak kartu keluarga atau kartu tanda penduduk.

Diketahui, Pasar Pelayanan Publik tersebut merupakan bagian dari Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi yang sejak 2017 telah mengintegrasikan lebih dari 200 layanan dokumen atau perizinan di satu tempat. 

Saat ini terdapat tiga tempat pelayanan publik terpadu di Banyuwangi yaitu Mal Pelayanan Publik, Pasar Pelayanan Publik Genteng, dan juga Pasar Pelayanan Publik Rogojampi.

Baca juga: Aduh, China Tetap Adakan Festival Anjing walau Wabah Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya