Ini 5 Daftar Universitas Terbaik di Indonesia dan Biaya Masuknya

Ilustrasi.
Sumber :

VIVA – Teruntuk para orang tua yang mempunyai anak yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi, mulailah berdiskusi dengan anak Anda. 

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Apa interest-nya, ingin masuk universitas mana, jurusan apa yang ia inginkan dan lain sebagainya. Bila anak Anda ingin masuk negeri, segeralah fokus untuk belajar tes masuk perguruan tinggi negeri.

Namun, Anda sebagai orang tua juga perlu mempersiapkan rencana cadangan bila anak Anda tidak berhasil masuk tes perguruan tinggi negeri. Pasalnya, ada juga universitas swasta terbaik di Jakarta dan tak kalah unggul ketimbang universitas negeri.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Dilansir dari laman Kompas.com, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) telah merilis klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia pada Agustus 2019 lalu. 

Tujuannya sendiri untuk mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk dalam jajaran world class university.

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

Selain itu, menurut Menteri Ristekdikti, Mohammad Nasir, setelah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi, pihaknya dapat melakukan pemetaan yang berguna untuk membuat kebijakan di masing-masing perguruan tinggi tersebut, agar dapat mewujudkan suatu perguruan tinggi yang berkualitas.

Lalu, siapa saja yang masuk jejeran 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia dan berapa biaya masuknya? Mari simak ulasan berikut:

1. Universitas Bina Nusantara

Bina Nusantara atau yang akrab dipanggil BINUS, memang disebut-sebut sebagai universitas swasta terbaik di Jakarta karena universitas ini masuk ke dalam jajaran klaster 2 berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi 2019 versi Kemenristekdikti.

Menurut website resmi BINUS di binus.ac.id, Biaya masuknya mulai dari Rp17 juta dan biaya kuliah hingga akhir semester mulai dari Rp100 juta.

Universitas yang berlokasi utama di Jalan KH. Syahdan No. 9 Kemanggisan, Palmerah dan Jalan Kebon Jeruk Raya No. 27, Jakarta Barat ini tidak semata-mata hanya mahal saja, namun kredibilitas baik yang diakui secara nasional dan gedung-gedung kampus yang mewah ditambah fasilitasnya memadai membuat BINUS menjadi yang terdepan.

Di kampus ini setidaknya ada 7 fakultas yang bisa dipilih, mulai dari Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Desain, Sekolah Teknik Informatika, Sekolah Sistem Informasi, serta Sekolah Bisnis dan Manajemen.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas yang didirikan oleh Yayasan Atma pada tanggal 1 Juni 1960 ini memiliki tiga lokasi kampus yang berbeda. Kampus pertama terletak di Jl. Jenderal Sudirman no. 5, kampus kedua terletak di Jl, Pluit Raya 2, dan kampus ketiga berlokasi di Jl. Cisauk – Lapan, BSD, Tangerang.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya juga menempati ranking ke-90, berdasarkan data 4icu Uni Rank, untuk kategori country rank universitas swasta terbaik di Jakarta. Jadi kualitas universitas ini tidak diragukan lagi.

Menurut website resmi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di atmajaya.ac.id, Biaya masuknya mulai dari Rp11,5 juta dan biaya kuliah hingga akhir semester mulai dari Rp50,5 juta.

Khusus Program Sarjana, setidaknya ada 8 fakultas pilihan dengan tenaga pengajar yang berkualitas, mulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Imu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknobiologi, serta Fakultas Psikologi.

3. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara atau biasa dipanggil UNTAR biasa dijuluki sebagai universitas tertua di Jakarta. BeralamatKAN di Jalan Letjen S Parman No 1 Jakarta Barat, UNTAR sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. SK ini menunjukkan bahwa UNTAR sudah terakreditasi sejak 2017 lalu.

Sejak berdiri pada tahun 1959 hingga sekarang, Untar telah meraih banyak penghargaan. Di antaranya ialah, pengajar sekaligus rektor UNTAR, Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, menerima sertifikat dan medali ASEAN Engineer dari The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

Selain itu UNTAR juga masuk ke dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta pada posisi ke-3, dan ditempatkan pada urutan ke-50 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018” oleh Kemenristekdikti.

Menurut website resmi Universitas Tarumanegara di pmbuntar.com, biaya masuk kampus ini mulai dari Rp12,4 juta dan biaya kuliah hingga akhir semester mulai dari Rp96 juta.

Universitas ini memiliki 8 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

4. Universitas Trisakti

Siapa yang tidak kenal universitas ini, Universitas yang pernah menjadi saksi bisu tragedi 12 Mei 1998 ini dikenal sebagai kampus pahlawan reformasi yang sudah mencetak banyak alumni besar di Indonesia, seperti Basuki Tjahaja Purnama, Adhyaksa Dault, dan Yenny Wahid.

Universitas yang berlokasi strategis di Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol, Jakarta Barat, sehingga berada tepat di tengah-tengah jantung ibu kota Jakarta, diharapkan dapat menjadi barometer perubahan beserta penggerak pembangunan daerah dan pembangunan di tingkat nasional.

Menurut website resmi Universitas Trisakti di pmbinfo.trisakti.ac.id, biaya masuk kampus ini mulai dari Rp31 juta dan biaya kuliah hingga akhir semester mulai dari Rp135 juta.

Kampus ini setidaknya memiliki 9 fakultas yang tersebar di dua gedung berbeda, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

5. Universitas Mercu Buana

Terakhir, universitas swasta terbaik di Jakarta adalah Universitas Mercu Buana. Lokasi dari universitas ini tersebar di beberapa daerah di Jakarta, seperti daerah Meruya (kampus utama), Menteng (kampus B), Depok (kampus C), dan kampus D terletak di daerah Bekasi.

Universitas yang berdiri sejak 1985 ini telah menorehkan banyak prestasi. Yang paling baru di antaranya, tim dari Universitas Mercu Buana (UMB) berhasil meraih gelar juara 1 dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018 di Jepang untuk kategori folklore (lagu daerah).

Menurut website resmi Universitas Mercubuana di pendaftaran.mercubuana.ac.id, biaya masuk kampus ini mulai dari Rp31 juta dan biaya kuliah hingga akhir semester mulai dari Rp70 juta.

Setidaknya ada 13 jurusan yang bisa dipilih dalam universitas ini, mulai dari Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Sistem Informasi, hingga Teknik Informatika.

Sudah tahu universitas swasta terbaik, bagaimana dengan dana pendidikannya?

Semestinya, dana pendidikan sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh orangtua. Sehingga, dalam kondisi apapun, termasuk di tengah pandemi seperti sekarang, biaya pendidikan bisa tetap tercover.

Namun, tidak bisa dipungkiri pula, dalam kondisi krisis biaya yang sudah disiapkan jauh-jauh hari bisa saja terpakai. Jika Anda mengalami kondisi ini, tidak perlu khawatir.

Sebab, saat ini, Anda bisa mengajukan pinjaman dana cepat lewat fintech tepercaya seperti Kredivo. Bunga yang diberikan juga sangat kompetitif dengan buka bank, hanya 2,95% per bulan.

Limit pertama mulai dari Rp500 ribu untuk jenis pinjaman mini dan Rp Rp1 juta untuk pinjaman jumbo, Anda hanya perlu daftar dan mengajukan pinjaman melalui aplikasi Kredivo yang dapat diunduh gratis lewat Google Play Store atau App Store. Sebelum daftar, ada 3 syarat yang perlu Anda penuhi, yaitu:

Anda adalah WNI yang berusia minimum 18 tahun atau maksimum 60 tahun.
Memiliki pendapatan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.
Kredivo juga menawarkan limit maksimal hingga Rp 30 juta bagi pengguna yang mendaftarkan diri sebagai akun Premium.

Dengan proses approval hanya 1 x 24 jam sejak pendaftaran di-submit, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman dana cepat ketika sudah memiliki limit dari Kredivo. 

Pengajuan pinjaman dana cepat di Kredivo hanya bisa dilakukan melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo di bagian dasbor aplikasi.

Cukup klik fiturnya, isi nominal pinjaman yang ingin diajukan, tujuan pinjaman, tenor yang diinginkan, dan nomor rekening atas nama pribadi.

Setelah pengajuan, tunggu proses approval dari Kredivo. Apabila disetujui, pinjaman Anda akan cair ke rekening minimal dalam waktu 1 hari kerja. Cepat dan praktis!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya