Cara Membedakan Batuk Biasa dan Batuk karena Virus Corona

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selain demam dan flu, batuk juga menjadi salah satu ciri atau tanda dari kasus positif COVID-19. Sebanyak 60 persen dari kasus positif Corona COVID-19 dilaporkan mengalami batuk kering sebagai gejala yang paling menonjol. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dengan kasus seperti itu, tidak sedikit orang yang mengalami batuk kemudian khawatir mereka terpapar virus Corona COVID-19.

Lalu bagaimana cara membedakannya?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut Konsultan Pulmonologi, Rumah Sakit Apollo, Navi Mumbai, Dr Jayalakshmi TK, batuk kering adalah batuk yang tidak memunculkan lendir. Anda juga akan merasa rasa seperti digelitik  di belakang tenggorokan yang memicu refleks batuk, menyebabkan batuk yang meretas. 

Dibandingkan dengan ini, batuk basah biasanya mendorong lendir keluar dari sistem pernapasan, termasuk hidung atau tenggorokan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Batuk basah terdengar basah karena tubuh secara harfiah mendorong keluar lendir dan orang akan merasa ada sesuatu yang tersangkut di bagian belakang tenggorokan. Dalam beberapa kasus, batuk ink juga disertai dengan gejala lain seperti pilek, tetesan post-nasal atau kelelahan, " kata dia seperti dilansir dari laman Times of India

Konsultan Senior Obat Perawatan Kritis Paru-paru Dr Ravindra Nallagonda di Rumah Sakit Utama Aster juga menambahkan bahwa dalam banyak kasus, batuk basah mungkin disertai dengan produksi nanah (dahak) atau darah, sedangkan batuk kering ditandai dengan tidak adanya produksi dahak.

Dia menjelaskan, batuk kering terjadi karena ada peradangan atau iritasi pada saluran pernapasan.  Biasanya, tenggorokan dan paru-paru dapat meradang karena infeksi bakteri atau virus, ketegangan fisik atau kondisi lingkungan.  Batuk kering dan basah juga berbeda dalam intensitas rasa sakit dan suaranya. 

"Batuk kering menghasilkan semacam suara. Orang-orang mungkin merasakan atau mengalami rasa tergelitik atau suara serak di belakang tenggorokan mereka yang juga dapat memicu refleks batuk," lanjunya.

Dr Meenakshi Jain, dari Max Super Speciality Hospital Patparganj and Noida mengatakan bahwa tidak seperti batuk basah, batuk kering biasanya bertahan selama beberapa minggu setelah pilek atau flu telah lewat, dan dalam banyak kasus, bisa sering  sulit untuk dikendalikan dan berlangsung secara lama, pada anak-anak maupun orang dewasa. 

"Perlu juga dicatat bahwa walaupun batuk kering telah dinyatakan sebagai gejala utama infeksi coronavirus, seringkali batuk ini bisa disebabkan oleh alergi, sinusitis, asma, tonsilitis atau paparan iritan yang menonjol seperti debu atau asap," kata Jain.

Oleh karena itu, apabila menderita batuk kering dan mencurigai adanya infeksi virus Corona maka juga harus mewaspadai gejala lain seperti demam tinggi yang berlangsung lama. Hal itu bisa disertai kehilangan nafsu makan atau kehilangan indera penciuman, sesak napas, dan masalah pencernaan seperti diare.

Sementara itu, yang juga bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi obat untuk meredakan batuk sebelum waktunya.  Batuk kering menjadi lebih baik dengan uap, pelembap, pelega tenggorokan dan penekan batuk, yang digunakan untuk sementara waktu.

Ada juga obat alami yang tersedia untuk mengobati dan meredakan batuk kering. Mulai dari berkumur dengan air garam, dengan madu dan jahe.

Namun jika batuk berlangsung terus-menerus, kamu juga dapat menggunakan bantal dengan posisi yang lebih tinggi saat tidur. Hal ini dapat membantu mengurangi dan meredakan iritasi.


Baca juga: Nus Kei Bersumpah Tak Mau Lagi Gabung Disebut Bikin John Kei Murka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya