Bahaya, Pengunjung Pasar Terekam CCTV Banyak Tak Pakai Masker

Pantauan aktivitas pasar lewat CCTV.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak memantau uji coba kamera CCTV berbasis artificial intelligence yang dipasang di Pasar Taman Sidoarjo, Jawa Timur. Menurut dia, kamera CCTV ini berfungsi untuk memantau kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan COVID-19.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pasokan dan Harga Pangan di Bali Masih Aman

“Ternyata, banyak yang masih tidak tertib bermasker,” kata Emil Dardak dikutip dari Twitter pada Kamis, 2 Juli 2020.

Namun, Emil Dardak berharap dengan kehadiran kamera CCTV ini bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker, jaga jarak serta cuci tangan di kawasan pasar.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

“Semoga teknologi ini bisa meningkatkan efektivitas pemantauan dan penegakan protokol COVID-19, termasuk kasih untuk nodeflux,” jelas dia.

Gelar Pasar Murah di Puluhan Kota, Safari Ramadhan BUMN Fokus Redam Dampak El Nino

Menurut dia, teknologi ini juga akan membantu kepala dinas untuk melakukan evaluasi kinerja personil di lapangan dalam menjaga kepatuhan pengunjung dan pedagang pasar. 

“Hasilnya akan otomatis direkap sehingga sangat cepat bagi pemkab/pemkot untuk bertindak,” ujarnya.

Di samping itu, Emil juga meninjau Pasar Gedangan Sidoarjo untuk melihat progres persiapan uji coba CCTV dalam memantau kepatuhan protokol kesehatan COVID-19. Tapi, ditemukan banyak pedagang yang menambah meja jualan. “Sehingga, persempir jalan pengunjung yang potensi persulit jaga jarak,” kata dia.

Baca juga: Demokrat: RUU HIP Sama Bahayanya dengan Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya