Alhamdulillah, Angka Kesembuhan Corona di 11 Provinsi Makin Membaik

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Pemerintah mengumumkan terdapat 11 provinsi yang tingkat kesembuhan pasien Corona (COVID-19) sebesar 75 persen. Angka itu dianggap kabar baik dibandingkan kesembuhan secara global 56 persen.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Jika kita lihat secara keseluruhan maka ada 11 provinsi sebenarnya yang sudah memiliki angka kesembuhan di atas 75 persen. Artinya, sudah banyak yang sudah menjadi sembuh," kata Juru Bicara Khusus Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, Minggu 5 Juli 2020.

Namun, Yurianto meminta agar jangan senang dulu. Sebab, secara nasional angka kesembuhan masih tertinggal dibandingkan dunia. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Secara rata-rata nasional, angka sembuh pasien COVID-19 di Tanah Air hanya 45,42 persen. 

Indonesia juga mencatat angka kematian yang tertinggal dibanding kumulatif secara global. Angka kematian Indonesia menyentuh 5 persen. Pun, sementara rata-rata dunia masih di bawahnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Ini pun juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan angka rata-rata dunia yang mencapai 4,72 persen," ujar Yurianto.

Sementara itu, pemerintah juga mencatat, sebanyak tujuh provinsi tak melaporkan per hari ini tidak ada penambahan kasus positif. Tujuh daerah itu ialah; Aceh, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur dan Gorontalo.

"Ada 18 provinsi yang hari ini melaporkan penambahan kasusnya di bawah 10. Ada 7 provinsi yang hari ini tidak ada penambahan kasus sama sekali," tutur Yurianto.

Sebelumnya, Yurianto menyampaikan update kurva kasus COVID-19 di Tanah Air yang masih terus mengalami peningkatan hingga per Minggu, 5 Juli 2020. Data terbaru, ada penambahan kasus positif sebanyak 1.607 orang. 

Maka itu, total positif sejak kasus pertama mencuat di Tanah Air sebanyak 63.749.

Yurianto mengatakan, penambahan kasus itu berdasarkan penghitungan 24 jam terakhir mulai Sabtu kemarin hingga Minggu hari ini pukul 12:00 WIB.

"Kasus sembuh 886 sembuh. Sehingga totalnya 29.105 sembuh," kata Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB secara live streaming, Minggu, 5 Juli 2020.

Baca Juga: Update Corona Indonesia 5 Juli 2020: Positif 63.749, Meninggal 3.171
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya