Soal Kalung Antivirus Corona, Presiden Jancukers: Jangan Diperolok

Budayawan, Sudjiwo Tedjo.
Sumber :
  • Twitter: Sudjiwo Tedjo

VIVA – Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan) sedang mengembangkan kalung antivirus berbahan eucalyptus atau kerap disebut juga pohon kayu putih. Usut punya usut, dari total 700 jenis tanaman itu ada satu jenisnya yang diklaim bisa mematikan Virus Corona COVID-19.

Namun, upaya Kementerian Pertanian yang dipimpin Menteri Syahrul Yasin Limpo ini malah menuai polemik hingga berujung cacian. Tapi, tak sedikit juga yang membela mengingat hal itu merupakan karya anak bangsa sehingga perlu diapresiasi bukan malah dibuly.

Budayawan Sudjiwo Tedjo mengatakan sebenarnya bukan soal kalung antivirus ini ilmiah atau bukan. Tapi, kenapa bangsa ini tidak bebas-bebas dari belenggu rasa minder terhadap asing. Harusnya, dibuktikan dulu kalung eucalyptus secara ilmiah.

"Mbok suruh buktikan saja antivirus itu sambil berharap terbukti. Bukan setiap kreativitas anak bangsa langsung diolok-olok sambil diharap gagalnya," kata Sudjiwo yang kerap dikenal dengan Presiden Jancukers ini, dikutip dari Twitter pada Minggu, 5 Juli 2020.

Pendaftaran Lelang Jabatan Eselon I dan II Kementan Ditutup, Peserta Capai 433 Orang

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Sementara dokter spesialis Rumah Sakit Omni Pulomas, dr. Dirga Sakti Rambe mengatakan produk yang sedang dikembangkan Kementerian Pertanian sebenarnya tidak layak disebut kalung antivirus corona. Menurut dia, sebaiknya disebut saja kalung eucalyptus.
Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023


"Tidak ada bukti sahih produk ini dapat mencegah #COVID19. Ikuti saja yang sudah jelas, jaga jarak, masker dan cuci tangan," tulis dokter Dirga.


Selain itu, artis yang juga dokter Tompi ikut mempertanyakan kalung antivirus yang sedang dikembangkan Kementerian Pertanian itu. Menurut dia, perlu research mendalam untuk memastikan khasiat dari kalung eucalyptus ampuh mengobati dan menangkal corona.

"Ada researchnya yang melaporkan bisa, namun masih butuh penelitian lanjut. Membuatnya langsung sebagai alternatif treatment dalam jumlah besar, enggak bijak," tandasnya.


Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo membenarkan bahwa kalung antivirus eucalyptus dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan). Dia mengaku yakin kalung itu bisa membunuh virus corona.

"Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak," kata Syahrul usai bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Saat bertamu ke Kementerian PUPR itu, Menteri Syahrul dan para jajarannya tampak kompak mengenakan kalung antivirus corona itu. Bahkan, Menteri Basuki ikut memasangkan kalung itu kepada salah satu awak media.

"Jadi ini bisa membunuh, kalau kontak 15 menit dia bisa membunuh 42 persen dari Corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80 persen. Ini ada roll-nya. Kalau kita kena iris pisau, berdarah, kasih ini bisa tertutup lukanya," ujar Syahrul.

Baca juga: Refly Harun: Ahok Dipastikan Tidak Bisa Jadi Menteri

Pupuk subsidi.

Ada Penurunan Jatah Pupuk Subsidi di Pangandaran, Begini Penjelasan Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) buka suara mengenai penurunan jatah pupuk subsidi di Pangandaran pada Musim Tanam 1 tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024