Wapres JK Temui Buya Syafii, Sempat Bahas Kabinet Jokowi

Wapres Jusuf Kalla bersilahturami ke kediaman Buya Syafii di Jogjakarta.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menjenguk mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Syafii Maarif, di Perumahan Nogotirto Elok 2, Yogyakarta, Kamis 15 Agustus 2019.

Tanggapi Luhut, Jusuf Kalla: Saya Tidak Mengerti Toxic

Wapres JK tiba sekitar pukul 08.02 WIB. Pertemuan dilakukan tertutup untuk media di ruang tamu kediaman Buya Syafii. Silaturahmi Wapres dilakukan di sela kunjungan kerja ke Yogya pagi ini.

Saat menjenguk, JK didampingi oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. JK dan Sri Sultan terlihat berbincang dengan Syafii di ruang tamu. Syafii yang menggunakan kemeja hitam bercorak batik terlihat berkomunikasi dengan lancar.

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Jusuf Kalla: Tentu Baik, Positif

Syafii atau Buya Syafii sebelumnya dirawat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, sejak Rabu, 24 Juli 2019, karena keluhan saat buang air kecil. Setelah kondisinya berangsur-angsur membaik, Syafii diizinkan pulang pada Senin 29 Juli 2019.

Usai menggelar pertemuan selama lebih kurang 20 menit, JK meninggalkan kediaman Buya Syafii. JK meninggalkan kediaman Buya Syafii sekitar pukul 08.24 WIB.

Jusuf Kalla Sentil Prabowo soal Tambah Kementerian: Itu Bukan Kabinet Kerja tapi Kabinet Politis

Usai pertemuan dengan JK, Buya Syafii menerangkan bahwa kedatangan JK adalah untuk bersilaturahmi. Kebetulan saat Buya Syafii dirawat di rumah sakit, JK tak sempat menjenguk.

"Ya silaturahmi biasa. Saya (habis) sakit. Kemudian kita bicara juga tentang politik sedikit lah," ujar Buya Syafii.

Buya Syafii menyebut salah satu hal yang dibahas adalah mengenai penyusunan kabinet pemerintahan Joko Widodo ke depannya. Buya Syafii menyampaikan jika ada sejumlah usulan yang diberikan kepada JK.

"Saya usulkan bahwa kabinet yang akan datang itu harus yang kompak sekali, yang profesional, berintegritas, punya visi ke depan, yang mengerti Tri Sakti, (mengerti) Pasal 33 Undang Undang Dasar," kata Buya Syafii.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Wapres hendak membuka Kongres Pancasila XI di Universitas Gadjah Mada. JK bertolak dari Jakarta dengan pesawat khusus Kepresidenan Boeing 737 pada pukul 06.30 WIB.

Kongres Pancasila XI yang dibuka JK bertajuk "Aktualisasi Pancasila dalam Merajut Kembali Persatuan Bangsa". Kongres digelar pada 14 hingga 16 Agustus 2019 di kampus UGM.

Setelah pembukaan, pada sekitar pukul 11.40 WIB di hari yang sama, JK kembali ke Kantor Wapres di Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta. Pada siangnya, ia juga akan menghadiri upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya