Kapolri Akui Kasus Susno Tak Ada Masalah

VIVAnews - Kepala Kepolisian RI Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan kehadiran mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal, Susno Duadji dalam sidang terdakwa kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, Antasari Azhar tidak masalah.

"Ngga ada masalah. Itu internal," kata Kapolri, Bambang Hendarso Danuri usai pencanangan program Zero Toleransi Narkoba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Rabu 20 Januari 2010.

Sebelumnya, Susno diindikasikan telah melanggar disiplin dan kode etik profesi oleh polri karena telah menjadi saksi yang meringankan terdakwa kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, Antasari Azhar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 7 Januari 2010 lalu. Susno yang hadir dengan mengenakan seragam lengkap dan pada waktu jam dinas, dinilai tidak meminta izin kepada institusi Polri.

Terkait kasus Susno ini, Kepala Polri, Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri menyatakan telah meminta kepada tim yang diketuai oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Irjen Nana Soekarna untuk memeriksa Susno secara terbuka. Persidangan terhadap Susno juga dijanjikan akan digelar secara terbuka.

Selain itu, belakangan tim yang ditugaskan untuk memeriksa Susno diketahui tidak hanya satu tim. Selain tim Propam, Polri ternyata juga membentuk tim klarifikasi yang dipimpin Saleh Saaf.

Sempat terjadi perbedaan pendapat dari kedua tim ini terhadap Susno. Tim Klarifikasi menyatakan Susno tidak melanggar kode etik dan profesi. Tapi di sisi lain, tim Propam tetap akan melanjutkan pemeriksaan.

Namun, pada Senin 18 Januari lalu, polri menyatakan telah menutup kasus dugaan pelanggaran disiplin dan kode etik profesi yang dilakukan Susno Duadji. Hasil pemeriksaan itu tidak disampaikan kepada masyarakat.

“Untuk kepentingan organisasi, soliditas organisasi, maka ditempuh langkah-langkah internal. Langkah yang dimaksud tidak harus kami beritahukan,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Pol Edward Aritonang dalam jumpa pers di Mabes Polri (18/01).

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024