Jaga Ibunda di ICU, SBY Tak Hadiri HUT RI ke-74 di Istana

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, tidak hadir dalam upacara HUT RI ke-74 di Istana Merdeka Jakarta. Ia diwakili oleh putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang datang bersama istrinya, Anisa Pohan.

Jubir Jelaskan Maksud Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

Tidak hadirnya SBY itu lantaran harus menjaga dan merawat ibundanya, Siti Habibah, yang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. AHY sendiri mengatakan, karena kondisi itu maka Ketua Umum Partai Demokrat itu tak bisa hadir.

"Pak SBY saat ini sedang mendampingi ibundanya, eyang kami, yang masih berada di ICU di rumah sakit di wilayah Cibubur, karena memang kondisinya yang cukup kritis. Tapi, mohon doanya semoga bisa lebih stabil dan kemudian bisa lebih sehat lagi," kata AHY kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Menurut AHY, ayahnya menyampaikan salam hormat kepada Presiden Joko Widodo. Ketua Umum Partai Demokrat itu juga berpesan agar Indonesia tetap utuh sampai kapan pun juga.

"Dan tentu dengan semangat yang sama pula ingin melihat Indonesia 5 tahun, 10 tahun, sampai kapan pun, semakin baik sejahtera dan maju," katanya.

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Sementara Presiden RI ke-3, BJ Habibie juga tidak terlihat. Sementara Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-5 terlihat hadir. Ia datang didampingi kedua anaknya, Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Pihak keluarga mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, terlihat hadir, Sinta Nuriya Wahid dan anaknya Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid.

Mantan Wakil Presiden RI yang hadir, yaitu Boediono, Try Sutrisno, Hamzah Haz. Termasuk Wakil Presiden Terpilih 2019-2024, Ma'ruf Amin. Para tamu dan pejabat pun kompak menggunakan pakaian adat.

Presiden Jokowi menggunakan adat Klungkung Bali. Sementara Ibu Negara Iriana menggunakan pakaian adat Tapanuli Utara. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah kompak menggunakan pakaian adat Aceh. (ren)

    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya