KMP Trans Jawa 9 Kandas di Pelabuhan Gilimanuk

Tim SAR evakuasi penumpang kapal kandas
Sumber :
  • VIVAnews / Bobby Andalan

VIVA – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Trans Jawa 9 kandas saat menunggu antrean sandar di Perairan Pelabuhan Gilimanuk Kabupaten Jembrana, Bali, tepatnya di posisi 8° 9.211’S-114°26.18’E, Jumat 23 Agustus 2019 sekitar pukul 13.00 WITA.

UKT Naik 10 Persen di UPN Jatim, 70 Persen Mahasiswa Baru Ajukan Keberatan

Kapal penumpang dengan 18 POB tersebut bertolak dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal mengangkut 2 unit truk tronton, 1 unit truck besar, 1 unit truck sedang, 2 unit kendaraan kecil, dan 4 unit sepeda motor.

"Kami terima laporan pada pukul 14.05 WITA dan langsung menggerakkan personel di unit siaga SAR Gilimanuk," ungkap pelaksana harian Kepala Kantor Basarnas Bali, I Made Junetra, Jumat 23 Agustus 2019.

Pemuda Ditelanjangi di Hotel Usai 'Kegep' Ngamar dengan Istri Orang

Junetra menjelaskan, pada pukul 14.20 WITA RIB (Rigit Inflatable Boat) 01 Gilimanuk tiba di titik kandasnya kapal dan selanjutnya membantu proses evakuasi. Proses evakuasi berlangsung 1 jam lamanya.

"Seluruh POB dalam keadaan selamat," terangnya.

Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

Mereka kemudian dibawa menuju Dermaga Pelabuhan Gilimanuk di ruang VIP. Sementara itu KMP Trans Jawa 9 masih dalam keadaan kandas dan aman, sembari menunggu proses penarikan. 

"Selain Basarnas Bali, instansi dan potensi SAR yang ikut proses evakuasi diantaranya Pos TNI AL Gilimanuk, Pos Polair Gilimanuk, BPTD Perhubungan Darat, dan Syahbandar Pelabuhan Gilimanuk," kata Junetra. (ren)

Mbah Hardjo Mislan, calon jemaah haji tertua Embarkasi Surabaya asal Kabupaten Ponorogo.

Resep Mbah Hardjo, Calon Jemaah Haji Usia 109 Tahun Asal Jatim Agar Tetap Sehat

Hardjo Mislan atau disapa Mbah Hardjo adalah calon jemaah haji asal Kabupaten Ponorogo akan berangkat haji bersama anak, menantu dan besan.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024