Kasus E-KTP, KPK Panggil Istri Setya Novanto

Istri Setya Novanto, Deisti Tagor
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Deistri Astriani Tagor, istri mantan Ketua DPR RI Setya Novanto, dalam kasus e-KTP.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andirati mengatakan, Deisti akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus korupsi e-KTP.

"Deistri akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka PLS (Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra Paulus Tanos)," kata Yuyuk lewat pesan singkat, Jumat, 30 Agustus 2019.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Diketahui, Deisti merupakan komisaris PT Mondialindo, perusahaan cangkang milik Setya Novanto yang memiliki saham mayoritas dari PT Murakabi Sejahtera, salah satu konsorsium lelang proyek e-KTP.

Dua hari secara berturut-turut, penyidik telah memeriksa putri dan putra Setya Novanto untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus yang sama.

12 Tersangka Perundungan Siswa SMA Internasional di Tangsel Segera Diadili

Diketahui, KPK tengah mendalami terkait kepemilikan PT Murakabi Sejahtera yang belakangan menampung uang hasil korupsi e-KTP untuk Setya Novanto.

Sementara dalam kasus e-KTP, Tannos merupakan salah satu dari  5 orang tersangka baru dalam kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

Selain Tannos, terdapat dua tersangka lain, yakni mantan anggota DPR RI Miriam S Hariyani (MSH), Dirut Perum Percetakan Negara RI (PNRI) dan Ketua Konsorsium PNRI Isnu Edhi Wijaya (ISE) serta Ketua Tim Teknis Teknologi Informasi Penerapan KTP-el atau PNS Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Husni Fahmi (HSF).

Dalam konstruksi perkara terkait dengan peran Paulus disebutkan, saat proyek e-KTP dimulai pada tahun 2011, tersangka Paulus diduga telah melakukan beberapa pertemuan dengan pihak-pihak vendor, serta tersangka Husni dan Isnu di sebuah ruko, kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Padahal, Husni dalam hal ini adalah ketua tim teknis dan panitia lelang proyek e-KTP. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya