Kebakaran Hutan di Jambi Semakin Meluas

Kebakaran hutan di Jambi semakin meluas, Selasa, 3 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Syarifuddin Nasution.

VIVAnews - Kebakaran hutan dan lahan di Jambi semakin hari semakin meluas. Kali ini, belasan hektare lahan di Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Jambi, terbakar.

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Informasi yang dihimpun VIVAnews, kebakaran hutan dan lahan terjadi tepat Selasa siang, 3 September 2019, sekitar pukul 14.00 WIB. Api yang membesar langsung membuat warga Jambi heboh karena dekat ke permukiman warga.

Andi yang merupakan warga Penyengat Rendah mengatakan kebakaran terjadi karena diduga adanya lahan yang dibakar pemilik lahan, namun karena angin kencang api langsung menjalar ke lahan lainnya.

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

"Tadi saya lihat apinya kecil namun makin lama makin membesar," katanya.

Andi menceritakan awalnya tidak sengaja lewat mengendarai motor menuju rumah, namun melihat ada api langsung melaporkan ke kelurahan, dan setelah balik api semakin membesar. "Cepat kali api menjalar sehingga warga kesulitan memadamkan api," katanya.

Polemik Hulu Migas di Area Persawahan Perlu Diselesaikan, Petani Harus Dapat Ganti Untung

Begitu juga Minah, seorang pengendara melintasi jalan dari kebakaran mengatakan proses kebakaran cukup lama dan api sangat cepat menjalar karena angin kencang serta lahan kering.

"Sampai saat ini apinya belum padam dan masih dalam proses penyiraman seadanya oleh warga," katanya.

Dari pantauan di lapangan tampak api masih membakar hutan dan lahan di Kecamatan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

Tidak sampai di situ, saat kebakaran menjalar pemadam kebakaran langsung diluncurkan namun api sampai pukul 15.00 WIB belum juga padam dan sudah hampir membakar lahan sawit warga.

Begitu juga di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabuparen Tanjung Jabung Barat, Jambi, dan Muaro Jambi, juga terjadi kebakaran tapi belum bisa dipadamkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya