Irjen Firli: Anda Harus Lebih Dekat dengan Musuh

Irjen Pol Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq

VIVA –  Irjen Pol Firli Bahuri yang terpilih sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019-2023 mengungkapkan tentang pengelolaan konflik atas potensi resistensi saat menjalani fit and proper test pimpinan KPK yang digelar Komisi III DPR RI.

Fit and proper itu berlangsung hingga Kamis malam, 12 September 2019. Pertanyaan soal pengelolaan konflik ini disampaikan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PPP, Arsul Sani.

Firli kemudian menjawab tegas, kalau dia tidak pernah menganggap siapapun sebagai musuhnya.

"Saya pegang teguh bahwa tak ada orang sukses tanpa orang lain, kita bisa sukses kalau kita bersama dan kita bisa melakukan apa saja kalau kita bersama. Tidak ada orang yang bisa mencapai kesuksesan tanpa orang lain, bersama kita kuat, bersama kita mampu melakukan apapun," kata Firli. 

Jawaban Firli membuat para anggota Komisi III bertepuk tangan. Kemudian mantan Deputi Penindakan KPK itu melanjutkan pernyataannya.  

"Berikutnya, Pak, Anda dekatlah dengan teman Anda, tetapi Anda harus lebih dekat dengan musuh Anda," kata Firli. Suasana ruang komisi III pun kembali riuh dengan tepuk tangan dan sorakan antusias para anggota Komisi III DPR.

Firli berdalih daftar sebagai capim KPK karena mencintai Indonesia dan KPK. Dia kemudian mengutip sajak Bung Karno. "Sajaknya pernah ditulis oleh Ir Sukarno. Seketika saya mendengar deburan ombak menghempas pantai. Saya bukan hanya mendengar deburan ombak, tapi saya mendengar suara Indonesia. Seketika saya melihat luasnya lautan saya tidak hanya melihat luasnya lautan, tapi saya melihat Indonesia," kata Firli diikuti keramaian antusias peserta penguji. 

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?
Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan tersangka mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mandek.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024