Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie

Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao benziarah ke makam Habibie.
Sumber :
  • Rifki Arsilan

VIVA – Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao benziarah ke makam mendiang Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu 15 September 2019.

Indonesia and Timor Leste Encourage Completion of Border Negotiations

Kedatangan Xanana didampingi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto XP Carlos dan sejumlah mahasiswa asal Timor Leste yang saat ini masih kuliah di Indonesia.

"Mereka yang datang-datang (mahasiswa Timor Leste) ingin memberikan penghormatan kepada Bapak Habibie," kata Xanana Gusmao usai berdoa di pusara Almarhum BJ.Habibie.

Momen PM Timor Leste Cium Tangan Menlu Retno Marsudi, Disaksikan Presiden Jokowi dengan Senyum

Xanana menggambarkan kedekatan masyarakat Timor Leste kepada almarhum Habibie. Menurut Xanana, salah satu jasa Habibie kepada masyarakat Timor Leste yang hingga saat ini dirasakan adalah hubungan baik pemerintah Timor Leste dengan pemerintah Indonesia.

Kedekatan itu menurut Xanana menjadi salah satu alasan banyaknya mahasiswa asal Timor Leste yang menempuh pendidikan di sejumlah universitas di Indonesia.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Timor Leste Xanana Gusmao di Bogor, Ini Hasil Kesepakatannya

"Ini salah satu dari alumni mahasiswa dari dulu masih jaman perjuangannya mereka memberikan suatu organisasi mahasiswa namanya Resentia National Istudante di Indonesia. Oleh karena itu sekarang karena sudah merdeka ada adik-adiknya (mahasiswa) yang sekarang ini belajar di Indonesia harus juga menyampaikan rasa kehormatan kepada beliau. Karena dari situ 20 tahun yang lalu mereka bisa menikmati sekarang kebebasan dan bisa juga ikuti langkah-langkah dari yang sudah tua," kata Xanana.

Usai memberikan penghormatan kepada Habibie, Xanana sempat bertemu putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie yang baru tiba di makam ayahanda tercintanya. Keakraban sangat terlihat ketika Xanana memeluk erat putra pertama sahabat karibnya itu. Keduanya sempat berbincang-bincang di depan pusara Habibie dan istrinya, Ainun Habibie.

Kemudian Xanana pamit kepada Ilham untuk meninggalkan lokasi pemakaman dengan ditandai tabur bunga ke pusara Habibie dan Ainun Habibie. Tidak hanya itu, Xanana sempat memberikan penghormatan dengan menabur bunga ke makam mantan Wakil Presiden RI era Soeharto, Letjen.TNI (Purn) H.R. Soedarmono dan Ibu Negara Presiden RI ke-6, Kristiani Herawati Yudhoyono atau Ani Yudhoyono yang terletak tidak jauh dari makam almarhum Habibie dan Ainun Habibie. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya