Hak Warga Terampas Akibat Asap dan Kebakaran Hutan

Pengendara roda dua melintas di samping api yang membakar lahan gambut di Jalan Tegal Arum kawasan Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (13/9/2019). Kabut asap juga melanda Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

VIVA – Indonesia sudah darurat kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang tersebar di sejumlah provinsi di Tanah Air. Kondisi paling parah terjadi di Kalimantan, Pekanbaru, Riau, dan Sumatera.

Penanganan Karhutla di Sumsel Efektif, Jumlah Hotspot Terus Berkurang

Hal ini mendapat perhatian khusus dari Koalisi Masyarakat Sipil atau gabungan dari berbagai lembaga. Salah satu yang menyoroti persoalan ini adalah Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

Koordinator KontraS, Yati Andriyani mengatakan, persoalan kebakaran hutan bukan lagi persoalan biasa, namun sudah masuk kejahatan ekosida. Yati menyebut, pemerintah sudah mengabaikan tanggung jawabnya.

Ugal-ugalan Ekspansi Hutan Tanaman Industri di Kalbar

"Saya ingin menegaskan, kita tidak bisa memandang ini persoalan biasa saja. Ini persoalan luar biasa, kalau dalam perspektif lingkungan ini kejahatan lingkungan (ekosida)," kata Yati, saat konferensi pers di kantor Walhi Nasional, Jakarta Selatan, Senin 16 September 2019.

Ditambahkan Yati, kasus kebakaran hutan bukan barang baru, dan jika ditarik lebih jauh, kasus ini sudah terjadi sejak 1997. Memiliki jangka waktu cukup lama dan telah berdampak terhadap ekosistem.

Viral Banyak Ular Gede Hangus Terbakar di Gunung Sindur Bogor

"Maksudnya bukan hanya ekosistem yang ada di hutan, tetapi juga manusia di sekitar," katanya.

Berbicara hak, dari kasus ini banyak hak yang terampas. Hak untuk menghirup udara segar, bahkan untuk mendapatkan pendidikan. "Ini banyak hak yang terampas, hak untuk mendapatkan pemulihan, hak bergerak bebas. Bahkan, hak untuk mendapat pendidikan," katanya. (asp)

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berdiskusi dengan Walhi

Terima Aspirasi Walhi soal SDA dan Lingkungan Hidup, Ganjar Respons Begini

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke kantor Walhi di daerah Mampang, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024