Kembali Terbakar, Titik Api di Gunung Slamet Diprediksi Meluas

Kebakaran di Gunung Slamet, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dwi Royanto.

VIVAnews - Kebakaran hutan kembali melanda Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah. Diperkirakan area yang terbakar mencapai 65 hektare.

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Menurut keterangan Sudaryanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, kobaran api semakin meluas hingga ke area Banyumas dan Purbalingga.

Diperkirakan area yang terbakar untuk di wilayah Tegal sekitar 15 hektare. Kemudian merembet ke wilayah Brebes sekitar 50 hektare.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

"Untuk yang di Banyumas dan Purbalingga  belum ada informasi terkait, karena api masih belum bisa dipadamkan, dan diprediksi bisa meluas," terangnya saat dikonfirmasi di Semarang, Rabu 18 September 2019.

Titik api terlihat pertama kali pada Selasa sore, 17 September 2019, di area bukit Igir Genting, berjarak 4 kilometer dari pemukiman warga di Dusun Sawangan, Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

"Kebakaran terjadi di sekitar jalur pendakian Gunung Slamet via Sawangan di Pos 3 sampai Pos 4 pendakian," ujarnya.

Upaya pemadaman, imbuh Sudaryanto, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPDB Tegal dan Brebes, TNI, Polisi, PMI serta Tim Tagana untuk melakukan pemadaman. Setidaknya ada 50 orang dikerahkan untuk menuju lokasi api.

"Upaya pemadaman sudah dilakukan sejak Selasa malam hingga Rabu pagi. Mereka saat ini sedang berjibaku memadamkan api," katanya.

Menurutnya kondisi medan yang terjal membuat upaya pemadaman hanya bisa dilakukan dengan cara memukul api menggunakan gepyok dan kayu-kayu basah. Selain itu, dilakukan upaya melokalisir api agar kebakaran tidak semakin meluas.

"Sebab untuk mengalokasikan air dari tim pemadam kebakaran sulit untuk dijangkau, karena terkendala lokasi yang terjal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya