Program 1.000 Jembatan Bakrie Untuk Negeri, Ada di Garut

Bakrie Untuk Negeri membangun jembatan gantung di Desa Desa Mekarsari, Garut.
Sumber :
  • Diki Hidayat

VIVA – Bakrie Untuk Negeri bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI) membangun jembatan gantung di Kabupaten Garut Jawa Barat. Pembangunan jembatan tersebut merupakan program Ekspedisi 1.000 Jembatan Gantung di Indonesia.

Bakrie Amanah Focuses on Zakat Charity Distribution during Ramadan

General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, mengatakan pembangunan jembatan gantung di Kabupaten Garut merupakan pembangunan yang ke 81. Jembatan gantung di Sungai Cimanuk tersebut berada di Kampung Bojong, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Garut.

"Dengan dibangunnya jembatan tersebut akan memudahkan akses tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Selaawi, Kersamanah dan Kecamatan Malangbong, " ujarnya, Kamis 19 September 2019.

Bakrie Amanah Maksimalkan Penyaluran Zakat, Anindya Bakrie: Wujudkan Indonesia Makmur Sejahtera 2045

Selama ini akses transportasi ketiga kecamatan tersebut hanya mempergunakan rakit yang dibuat warga. Saat musim hujan, air sungai sering naik sehingga warga enggan melintas karena berbahaya.

"Sehingga aktivitas warga saat musim hujan sering terganggu," ujar Setiadi.

Sambut Isra Mikraj & HUT 82 Tahun Kelompok Usaha Bakrie, Bakrie Amanah Adakan Kelas Inspirasi

Warga Garut, Jawa Barat, menyeberangi Sungai Cimanuk menggunakan rakit.

Sementara itu, warga yang membawahi Kampung Bojong, Asep Zaenal, mengatakan bahwa pembangunan jembatan gantung tersebut akan sangat bermanfaat bagi warga ditiga kecamatan. Menyeberang menggunakan rakit sudah dilakukan warga sejak masa penjajahan Belanda.

"Saat itu (masa penjajahan Belanda) rakit dipergunakan untuk penyeberangan para pejuang kemerdekaan," katanya.

Sehingga dengan jembatan gantung tersebut warga akan sangat terbantu, tidak lagi harus menantang maut saat menyeberangi sungai. "Anak sekolah tak harus di antara oleh para orangtuanya, kalau sudah ada jembatan," kata Asep.

Pembangunan jembatan gantung di Kampung Bojong dilakukan sejak hari Rabu 18 September 2019 kemarin. Jembatan gantung tersebut melintasi Sungai Cimanuk dengan lebar 50 meter dan panjang bentangan jembatan sepanjang 80 meter.

Seribu jembatan gantung tersebut dibangun sebagai jembatan perintis atau jembatan darurat. Penbangunannya sendiri dilakukan di 11 provinsi di Indonesia. Selain di Garut pada waktu yang sama juga sedang berlangsung pembangunan jembatan di Lampung dan Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya