Masuk 10 Besar Destinasi Bali, Festival Jatiluwih Banjir Pujian

Festival Jatiluwih, Tambanan Bali
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Kementerian Pariwisata mengapresiasi daerah wisata Jatiluwih, Tabanan Bali yang menggelar festival unik dengan menawarkan keunggulan agrikultur. Jatiluwih sudah dinobatkan United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai situs warisan dunia.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Keunikan festival yang digelar 20 sampai 23 September 2019 ini mengusung tema Glorifiying Dewi Sri For Prosperity. Tema ini punya arti bersyukur dan memuliakan sosok Dewi Sri sebagai Dewi Kesuburan.

Dengan tema ini, masyarakat ingin bersyukur atas kemakmuran lumbung padinya. Kementerian Pariwisata yang diwakili tenaga ahli bidang pemasaran dan kerjasama, I Gede Pitana. Ia menyampaikan pandangan positifnya atas Festival Jatiluwih 2019.

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

“Kali ini saya apresiasi sebesar-besarnya kepada Bupati Tabanan dan penyelenggara festival Jatiluwih ini. Berkat Festival Jatiluwih ini, Jatiluwih menjadi top ten Bali’s destination," ujar Pitana, dalam keterangannya, Senin, 23 September 2019.

Dia menjelaskan festival ini penting untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya yang dipertahankan masyarakat Jatiluwih. Menurutnya, cara ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

“Festival Jatiluwih ini sangat menunjukan culture value yang mewakili keanekaragaman budaya di Indonesia, sehingga saya membawa pesan Pak Menteri agar pelaksanaan Festival seperti ini dapat terus eksis dan berkembang," jelas Pitana.

Kemudian, Pitana menambahkan Kemenpar ikut mempromosikan festival tersebut kepada masyarakat mancanegara. Menurut dia, Jatiluwuh sudah layak menjadi festival tahunan.

“Walaupun Festival Jatiluwih belum dapat dimasukan ke dalam agenda tahunan nasional Kemenpar dengan alasan belum 5 Tahun," tutur Pitana.

Sementara, Gubernur Provinsi Bali yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Bali, Ni Luh Made Wiratmi menyampaikan pesan khusus tentang Festival Jatiluwih. Pesan khusus ini terkait kesiapan Pemprov Bali mendukung pelaksanaan festival.

“Mewakili Gubernur Provinsi Bali, kami mendukung sepenuhnya agar Festival Jatiluwih ini agar dapat terus terlaksana, kami akan support hingga acara ke 4, ke 5 dan seterusnya," ujar Wiratmi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya