Demo Rusuh di DPR, 649 Orang Ditangkap Polisi

Demo Rusuh di Palmerah
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut, ada 649 orang yang dicokok buntut demo berujung ricuh di kawasan Gedung DPR/ MPR, Senin 30 September 2019. Hingga kini pendataan dan pemeriksaan masih terus dilakukan.

Demo Mahasiswa di Patung Kuda Ricuh, 2 Orang Diamankan Polisi

Dari data yang ada, sebanyak  258 orang diamankan Ditreskrimum. Kemudian ada 40 orang ditangkap Ditreskrimsus dan sebanyak 82 orang ditangkap Ditresnarkoba. Total di sana ada 380 orang.

"Jadi jumlah di Polda ada 380 orang," kata dia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 1 Oktober 2019.

Polisi soal 48 Mahasiswa Ditangkap saat Demo Ricuh Tolak UU Ciptaker: Sulit Dapat SKCK

Kemudian, untuk di Polres Jakarta Utara ada 36 orang, Polres Jakarta Pusat 63 orang, dan Polres Jakarta Barat ada 170 orang. Total untuk Polda dan Polres sebanyak 649 orang. "Seluruhnya masih dalam proses penyelidikan," ujarnya.

Meski begitu, dia tak merinci status mereka. Apakah mereka pelajar, mahasiswa, warga sipil atau ternyata penyusup yang membuat demo menjadi ricuh. 

Dianggap Politis, Mahasiswa UB Tolak Gelar Doktor HC untuk Menteri BUMN

"Jadi perlu saya sampaikan juga, kalau mahasiswa dan pelajar Insya Allah demonya pasti akan damai. Kan ini ketika kita bicara oknum, dan kita sudah menyampaikan berulang kali, kalau demo lebih dari jam 18.00 ke atas, sudah dapat dipastikan sudah menjelma menjadi perusuh," katanya.

Demo ricuh BEM se-Indonesia di kawasan Patung Kuda mengkritisi putusan MK

Buntut Demo Ricuh Mahasiswa di Patung Kuda, 13 Orang Ditangkap

Sebanyak 13 pendemo ditangkap buntut demo mahasiswa yang ricuh di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat,

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023