Jokowi Tunjuk Darmin Nasution Gantikan Puan Maharani

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, rangkap jabatan jadi Plt Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Perekonomian Darmin Nasution, sebagai pengganti Puan Maharani. Dengan, demikian Darmin mulai hari ini rangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

4.266 Personel Gabungan Kawal Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Demikian ungkap Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Adita Irawati. "Plt-nya Pak Darmin," kata Adita saat dihubungi, Selasa 1 Oktober 2019.

Puan terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Ia baru dilantik pada Senin pagi tadi.

Budi Arie Sebut Hak PDIP Nyatakan Jokowi-Gibran Bukan Kader Lagi

Bahkan, anak mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu disebut sebagai calon kuat Ketua DPR.  Itu karena dalam UU MD3, jabatan ketua dewan diberikan kepada partai pemenang pemilu, yakni PDIP. Puan sendiri merupakan kader PDIP yang meraih suara terbanyak sebagai caleg untuk DPR pada Pemilu 2019 lalu. 

Adita mengatakan, penunjukan Darmin sebagai Plt Menko PMK sudah melalui pertimbangan yang matang. "Sudah melalui berbagai pertimbangan termasuk sudah memahami berbagai hal yang harus ditangani di kementerian terkait," katanya. 

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Tak hanya Darmin yang rangkap jabatan di akhir kabinet Jokowi-Jusuf Kalla ini. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hari ini juga jadi Plt Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, menggantikan Yasonna H Laoly yang mengundurkan diri untuk menjadi anggota DPR.

Sebelumnya, pada 20 September lalu, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga. Itu setelah Menpora Imam Nahrawi mengundurkan diri setelah jadi tersangka kasus korupsi dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Gerindra sebut Bakal Ada Banyak Pertemuan Usai Prabowo Jadi Presiden Terpilih

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan akan ada banyak pertemuan yang terjadi usai Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai Presiden-Wspres terpilih 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024