Sosialisasi Kanker Serviks, Iriana Bagi-bagi Banyak Hadiah

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/ Agus Rahmat

VIVA – Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, serta Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja atau OASE KK, melakukan sosialisasi IVA test, yaitu pemeriksaan awal untuk mendeteksi kanker serviks di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis 3 Oktober 2019.

Sespri Iriana Jokowi Sendi Fardiansyah Rangkul Ormas di Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Sosialisasi dipusatkan di PT Embe Plumbon Tekstil, Cirebon. Selain sosialisasi, Iriana dan Mufidah membawa banyak hadiah. Dari sepeda, televisi, hingga kulkas.

Marifah Hanif Dhakiri dalam laporannya mengatakan, IVA test dilakukan terhadap 1.024 pekerja perempuan perusahaan itu. Sejak tiga hari dibuka, sudah ada 600 yang melakukan tes.

[HOAKS] Marsdya Tonny Harjono yang Baru Dilantik Jadi KSAU Ternyata Adik Iparnya Iriana Jokowi

"Nanti kalau ditanya Ibu Iriana dan Ibu JK, bisa menjawab dan dapat hadiah. Nanti dapat sepeda. Ada tv, ada kulkas, macam-macam alat rumah tangga," kata Marifah, dalam sambutannya.

Iriana tidak menyampaikan pidato. Ia langsung melakukan sosialisasi dan dialog dengan para peserta yang sudah mengikuti IVA test.

Sosok Sendi Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Bakal Maju Pilkada Kota Bogor 2024

Iriana lantas meminta lima perempuan untuk diberi pertanyaan dan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan.

"Bagaimana cara mencegah kanker serviks?" tanya Iriana ke salah satu pekerja perusahaan, Maemunah yang maju ke panggung.

"Melakukan tes di rumah sakit, untuk mencegah supaya tidak terjadi melakukan vaksinasi di pusat pelayanan untuk mengetahui sampai sejauh mana, untuk pencegahannya," jawab Maemunah.

Iriana kemudian membenarkan jawaban tersebut. Sembari memberi tambahan jawabannya.

"Ada satu lagi. Jaga kebersihan sebagai perempuan," katanya.

"Ini dapat hadiah apa bu Hanif? Saya sepeda saja ya," kata Iriana, disambut gembira Maemunah saat mendapatkan hadiah.

Giliran Mufidah JK, yang menyampaikan pertanyaan dan memberi hadiah ke peserta yang maju ke depan.

"Apa itu kanker serviks?" tanya Mufidah.

Seorang pekerja perempuan kemudian menjawab, bahwa itu merupakan virus yang ada di leher rahim. Jika berlanjut, bisa menyebabkan kematian pada perempuan.

Mendengar itu, Mufidah menawarkan hadiah apa yang diinginkan. Dia meminta agar diberikan televisi. Mufidah mengabulkannya dan langsung mendapatkan televisi itu.

"Alhamdulillah, makasih bu Mufidah," katanya sembari mencium tangan Mufidah dan Iriana.

Selain oleh Iriana dan Mufidah, beberapa ibu OASE juga ikut memberi pertanyaan dan memberi hadiah. Termasuk, Atalia Praratya Ridwan Kamil, yang turut memberi pertanyaan dan hadiah.

Saking banyaknya hadiah yang disiapkan, saat Iriana kembali diminta memberi pertanyaan dan hadiah, ia hanya memberi pertanyaan mudah.

"Sudah ikut tes? Positif atau negatif?" tanya Iriana. Seorang pekerja kemudian menjawab bahwa ia negatif, tidak terkena kanker tersebut.

"Ini langsung saya kasih hadiah saja," kata Iriana disambut gembira.

Di akhir dialog, Iriana menegaska,n masih banyak hadiah yang belum dibagikan. Namun, ia harus meninggalkan lokasi untuk berlanjut ke lokasi lainnya.

"Karena dari kemarin ibu-ibu OASE ini belum pulang. Keliling terus ke seluruh Indonesia, demi kebaikan Indonesia," kata Iriana menutup dialog. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya