Detik-detik Proses Evakuasi 13 Pendaki dari Gunung Raung yang Terbakar

Tim SAR mengevakuasi tiga belas pendaki Gunung Raung di Jawa Timur akibat gunung itu kebakaran pada Jumat petang, 4 Oktober 2019.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Sebanyak 13 orang pendaki Gunung Raung berhasil dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Sabtu, 5 Oktober 2019, sekira pukul 11.30 WIB. Mereka yang dievakuasi terdiri dari dua pemandu, dua porter, dua pendaki warga negara Indonesia, dan tujuh pendaki asal Singapura

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Ketiga belas orang itu dilaporkan terjebak kebakaran hutan di Gunung Raung jalur Kalibaru pada Jumat kemarin, 4 Oktober 2019. Tim SAR Jember yang menerima laporan langsung terjun. Mereka terbagi tiga kelompok, yakni search and resque unit (SRU) 1, SRU 2, dan SRU 3.

Koordinator SAR Jember, Asnawi, menjelaskan, SRU 1 dan SRU 2 yang bergerak menuju lokasi para korban. Mereka baru bertemu dengan ketiga belas pendaki itu di Camp 4 pada Sabtu dini hari, sekira pukul 02.36 WIB. Makan dan memulihkan kondisi sejenak, tim dan korban kemudian turun dan bertemu tim SRU 3 di Camp 2.

Serunya Lebaran, Warga Tasikmalaya Nyawer Uang di Kolam

"Sebelum dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, para pendaki yang mengalami luka bakar dan lecet mendapatkan perawatan medis saat sampai di camp 2 oleh tim medis Pos SAR Jember yang tergabung dalam SRU 3," kata Asnawi dalam keterangan tertulis diterima VIVAnews

Lebih lanjut Asnawi menuturkan, sembari dilakukan perawatan medis terhadap para pendaki yang terluka, anggota rombongan pendaki yang lain dan para personel SRU 1, SRU 2 dan SRU 3 istirahat sejenak sambil makan pagi dengan logistik yang dibawa oleh SRU 3.

Warga Nekat Lompat dari Lantai 2, Selamatkan Diri dari Si Jago Merah

Setelah berhasil turun ke Pos Perijinan Pendakian Gunung Raung lewat Kalibaru, para pendaki ini mendapatkan pemeriksaan medis lanjutan oleh petugas Puskesmas Kalibaru. Selanjutnya, petugas Polsek Kalibaru pun meminta keterangan terkait kejadian ini. 

Ini identitas pendaki yang berhasil dievakuasi dari kebakaran hutan Gunung Raung: 

1. Widi, laki-laki, warga Banyuwangi;
2. Sam, laki-laki, warga Banyuwangi;
3. Sinyo Gimbal, laki-laki, Banyuwangi;
4. Pak Putri, laki-laki, Banyuwangi;
5. Lutfi Sofian, laki-laki, 23 tahun, warga Jember;
6. Felisianus Jeremy, laki-laki, 35 tahun, warga Jakarta;
7. Ng Hui-Lin, perempuan, 23 tahun, warga Singapura;
8. Kom Jun Wei, laki-laki, 25 tahun, warga Singapura;
9. Shervon Ong perempuan, 24 tahun, warga Singapura;
10. Teo Yi Xian, laki-laki, 24 tahun, warga Singapura;
11. Pang Jia Hui, laki-laki, 25 tahun, warga Singapura;
12. Beh Ing Tsyr, perempuan, 23 tahun, warga Singapura;
13. Chua Ying Jie, laki-laki, 27 tahun, warga Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya