BTN Digitalisasi Proses Pengurusan Dokumen Kredit

Ilustrasi proyek perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk meluncurkan aplikasi berbasis website e-Mitra Operation untuk mempermudah segala pengurusan administrasi nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Proses KPR di BTN pun dapat dipercepat.  

Daftar Harga Pangan 6 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Pelaksana tugas Direktur Utama Bank BTN, Oni Febriarto Rahardjo saat meluncurkan website e-Mitra Operation di Jakarta, kemarin, mengatakan, dengan aplikasi tersebut BTN bisa melakukan percepatan penyelesaian dokumentasi kredit.  

Web e-Mitra berfungsi sebagai tools penunjang kerja sama dengan mitra, mulai dari pengajuan permohonan, monitoring hingga evaluasi atas kinerjanya. Adapun salah satu mitra BTN dalam hal ini adalah para Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). 

Soal Heboh Kasus Nasabah Vs BTN, Begini Kata Pengamat

“Dengan adanya website, akan memudahkan koordinasi dengan rekanan Notaris/PPAT dalam hal pemenuhan komitmen oleh Notaris/PPAT guna menyelesaikan dokumentasi kredit/pembiayaan para debitur Bank BTN sekaligus memberikan standarisasi sistem serta bentuk transparansi proses, prosedur, tugas dan wewenang maupun peran masing-masing dalam setiap proses kesepakatan perjanjian," kata Oni dikutip dari keterangannya, Kamis 17 Oktober 2019. 

Oni juga berharap, setelah implementasi e-Mitra Operation, pelaksanaan kerja sama dengan rekanan perkreditan BTN khususnya, notaris atau PPAT akan semakin baik. Distribusi pekerjaan pun akan merata dan penyelesaian komitmen keduanya akan termonitor dengan tertib. 

Berkat Transformasi, Transaksi BTN Mobile Naik 158,6 Persen per Maret 2024

Notaris dan PPAT rekanan dapat lebih fokus dalam menyelesaikan dokumen yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga kepentingan debitur bisa tercapai dengan cepat. 

Sementara itu, Direktur IT & Operation Bank BTN, Andi Nirwoto, menambahkan, website tersebut merupakan salah satu bentuk digitalisasi dan transformasi  dalam sistem perbankan di BTN untuk menunjang bisnis utamanya.

BTN percepat proses dokumentasi pengajuan KPR.

“Nantinya web e-Mitra Operation diperuntukkan bagi rekanan penunjang perkreditan seperti halnya Notaris, PPAT, KJPP, KAP, Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang. Namun untuk saat ini web tersebut baru mengakomodir kerja sama dengan Notaris/PPAT,” kata  Andi. 

Setelah diluncurkan, Bank BTN akan melakukan sosialisasi penggunaan web e-Mitra Operation dengan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Ikatan Notaris Indonesia agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Fasilitas itu bisa diakses melalui situs https://emitra.btn.co.id. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya