119 Peluru Aktif Ditemukan di Gorong-gorong Yogyakarta

Penemuan 119 peluru di gorong-gorong Kota Yogyakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Pekerja proyek perbaikan gorong-gorong di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Ngampilan, Kota Yogyakarta, dikejutkan dengan penemuan ratusan butir peluru, Kamis, 17 Oktober 2019. Ratusan butir peluru ini ditemukan di dalam gorong-gorong yang sedang dalam proses perbaikan.

Rheinmetall akan Kirim Lebih dari 100.000 Peluru Mortir ke Spanyol

Pekerja proyek bernama Sujono mengaku pertama kali menemukan peluru tersebut sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, dia bersama seorang rekannya tengah melanjutkan pekerjaan perbaikan gorong-gorong.

Saat bekerja, Sujono dan rekannya melihat benda mencurigakan di mulut gorong-gorong. Penasaran, keduanya kemudian mengecek benda tersebut yang ternyata adalah peluru. Mendapati ada temuan peluru dalam jumlah banyak di dalam gorong-gorong, Sujono melaporkannya ke Ketua RT setempat yang diteruskan ke polisi.

Warga Diminta Lapor jika Temukan Amunisi dari Gudmurah Kodam Jaya, Kadispenad: Jangan Diotak-atik

Sujono menjelaskan, semalam saat lembur, dia tak menemukan ada peluru di gorong-gorong yang dikerjakannya. "Kemarin saya lembur jam 22.00 WIB. Belum ada (pelurunya). Tadi pagi tahu-tahu ada peluru. Kemarin malam orang lima yang lembur. Kalau pagi tadi pekerja proyek ada dua. Saya yang pertama menemukan," ujar Sujono.

Sementara itu, Kapolsek Ngampilan Ajun Komisaris Polisi Hendro Wahyono menerangkan, usai mendapatkan laporan penemuan peluru, pihaknya segera menghubungi Tim Gegana Brimob Polda DIY. Tim Gegana kemudian melakukan penyisiran dan mengamankan peluru yang ada di dalam gorong-gorong tersebut.

TNI AD Ungkap Sudah Perbaiki 44 Rumah Warga yang Terdampak Ledakan Gudmurah Kodam Jaya

“Diduga itu jenis FN. Saya ulangi 119 peluru butir aktif diduga dari jenis FN, masih dugaan. Kalibernya 9 milimeter," ujar Hendro.

Dia menambahkan, "Ini (peluru) nanti diamankan tim Gegana akan diteliti lebih lanjut apakah ada yang sudah tidak aktif atau aktif semua. Nanti ada tindakan-tindakan terkait setelah hal ini."

VIVA Militer: Tank Boat buatan PT Pindad ketika pengujian di perairan Banyuwangi

5 Alutsista Asli Buatan Indonesia Ini Laris Manis Dipesan Negara Lain

Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam industri alat utama sistem senjata (alutsista), dengan berbagai produk buatan lokal yang telah diakui dunia

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024