Jelang Muktamar NU

GP Ansor Indikasikan Dukung Said Agil

VIVAnews - Ketua Gerakan Pemuda Ansor Syaifullah Yusuf mengatakan Nahdhlatul Ulama (NU) harus dipimpin oleh seseorang yang memiliki standar keulamaan. Ini disebabkan NU merupakan lembaga keagamaan yang memiliki sejarah panjang dan tradisi yang kuat di masyarakat.

Hal ini dikatakan Syaifullah Yusuf usai Pembukaan Muktamar GP Ansor Ke-16 di Istana Wakil Presiden, 25 Januari 2010. "Kalau tidak memiliki standar keulamaan, nanti tidak ada bedanya dengan organisasi lain," kata dia.

GP Ansor, kata Syaifullah, akan mendukung kyai yang memiliki integritas, juga seusai dengan akidah dan tradisi NU. "Dan tidak pernah ikut mencalonkan (diri). Dengan begitu kredibilitas NU dihargai semua," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Untuk jabatan Rois Aam NU, Gus Ipul menjagokan nama Tholhah Hasan dan Mustofa Bisri. "Kyai Tholhah patut jadi pertimbangan. Beliau tidak punya tim sukses dan mengejar jabatan. Mustofa Bisri juga bisa jadi alternatif yang lain," ucap Gus Ipul.

Sedangkan untuk jabatan Ketua Umum Tanfidhiyah PBNU, Gus Ipul memberikan indikasi dukungan kepada Said Agil Siradj sebagai pengganti Hasyim Muzadi. "Said Agil ilmunya cukup, putra kyai besar di Cirebon, punya pesantren salaf. Akarnya kuat sekali," kata Gus Ipul.

Walaupun dalam Muktamar NU nanti Ulil Abshar Abdalla menyatakan pencalonan diri sebagai calon Ketua Umum Tanfidhiyah PBNU dari kelompok muda, namun Gus Ipul tidak serta merta menyatakan dukungan. Sebagai seorang pemikir dan intelektual, Gus Ipul mengapresiasi pemikiran Ulil Abshar. "Tapi untuk memimpin NU menurut saya belum compatible," ucap Gus Ipul.

Pemikiran Ulil yang liberal, juga jadi pertimbangan Gus Ipul untuk tidak mendukung Ulil sebagai Ketua Umum PBNU. Ulil dinilai terlalu bebas dan terlalu membolehkan segala sesuatu.

"Kalau semua boleh, tidak ada yang tidak boleh, akhirnya tidak jelas. Mana yang perintah agama, mana yang bukan, juga akan jadi tidak jelas," tutur Gus Ipul.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024