Intip Lowongan yang Dibuka pada Penerimaan CPNS 2019

Tes CPNS
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Seno

VIVA – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 dibuka pemerintah pada 11 November. Badan Kepegawaian Negara atau BKN meminta masyarakat yang akan melamar persiapkan persyaratan dan berkasnya.

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan pada penerimaan CPNS 2019 pemerintah akan membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 Kementerian/Lembaga dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

Kemudian, dalam pembukaan CNPS tahun ini, lanjut dia, ada dua jenis formasi yang akan dibuka, yaitu formasi umum dan formasi khusus. 

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

"Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat," kata Bima dalam keterangan tertulisnya, Selasa 29 Oktober 2019.

Sementara, untuk formasi jabatan yang dibuka, Bima mengatakan ada pada tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

"Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, untuk mengikuti proses penerimaan CPNS 2019 pelamar harus menggungah dokumen ke dalam portal SSCASN. Yaitu, scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkip nilai asli.

Adapun, bagi para pelamar CPNS dapat membuka website secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya