Idham Azis Tanda Tangani Pakta Integritas Calon Kapolri

Kapolri Idham Azis, Jalani Fit and Proper Test
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVAnews - Uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri telah melalui tahap pemaparan dan tanya jawab. Ketua Komisi III DPR, Herman Herry meminta calon Kapolri, Idham Azis menandatangani pakta integritas.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Sesi tanya jawab telah selesai. Sekarang di depan saudara calon, ada surat pernyataan pakta integritas. Surat tersebut saudara tanda tangani dan diserahkan pada kami," kata Herman di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 30 Oktober 2019.

Idham menandatanganinya dan menyerahkannya ke meja pimpinan. Komisi III DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Idham Aziz. Idham dicalonkan, karena mantan Kapolri Tito Karnavian ditugaskan Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Meski dicalonkan, Idham hanya memiliki waktu 14 bulan sebagai Kapolri, jika terpilih sebelum purna tugas. Dalam rangkaian uji kelayakan dan kepatutan ini, Komisi III DPR telah mengunjungi kediaman Idham dan mengobrol dengan keluarganya.

Bila nama Idham telah disetujui anggota Komisi III DPR, hasil keputusan akan diserahkan ke pimpinan DPR. Lalu, pimpinan DPR dalam rapat badan musyawarah akan menjadwalkan paripurna pengambilan keputusan calon Kapolri. (asp)

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu
Plt Ketum PPP Mardiono bersama para Ketua DPD PPP.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Elite PPP nyatakan solid menghadapi Pilkada 2024 di tengah proses gugatan hasil Pileg 2024 di MK.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024