KPK Bahas Pencegahan Korupsi BPJS Bersama Mensos

Menteri Sosial Juliari Batubara menyambangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Edwien Firdaus

VIVA – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, mengungkapkan bahwa pimpinan KPK turut membahas soal BPJS saat bertemu Menteri Sosial Juliari Peter Batubara di kantor KPK hari ini, Senin 4 November 2019.

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Pada pertemuan itu, kata Febri, juga dihadiri Ketua KPK Agus Rahardjo dan Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan. Sementara itu, dari Kemensos, selain Menteri Juliari, juga ikut hadir sejumlah pejabat di Kemensos.

Sekjen Kemensos Hartono Laras, Irjen Dadang Iskandar, Dirjen Pemberdayaan Sosial Arif Nahari, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto, Kabandiklat Penelitian dan Penyuluhan Sosial Syahabuddin, serta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat juga terlihat dalam kunjungan menteri itu.

Tim Hukum Anies-Cak Imin Ajukan Mensos dan Menkeu Jadi Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

"Pimpinan KPK Agus Rahardjo meminta ada sinkronisasi data warga miskin dan koordinasi antarkementerian. Dan salah satu yang jadi perhatian mensos memang akurasi data," kata Febri di kantor KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 4 November 2019.

Sementara itu, urusan antara Pahala dan Juliari, terang Febri, mereka membicarakan ihwal kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan mengenai perkembangan pelaksanaan Stranas Pencegahan Korupsi.

Informal Workers Receive Social Security Assistance from Radjak Hospital Salemba

"Serta pencegahan korupsi terkait BPJS," ujar Febri.

Febri menambahkan, sejak tahun 2013, KPK juga sudah melakukan kajian pencegahan korupsi di Kementerian Sosial.

"Prinsipnya, KPK akan memberikan dukungan untuk pencegahan korupsi di Kemensos. Jika memang ada komitmen perbaikan yang sama-sama kuat," kata Febri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya