Otto Hasibuan Salut Hakim Tipikor Vonis Bebas Sofyan Basir

Otto Hasibuan.
Sumber :
  • Agustinus Hari/VIVAnews.

VIVA – Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta yang memvonis bebas mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara, Sofyan Basir, diapresiasi oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Peradi Tower Diresmikan, Ketua MA: Semoga Dapat Layani Pencari Keadilan

Ketua Dewan Penasihat Peradi Otto Hasibuan mengaku bangga dengan kebijakan hakim yang memutuskan bebas Sofyan Basir. Sebab, hal itu membutuhkan keberanian yang besar. 

“Kalau memang hakim merasa yakin bahwa itu memang harus bebas, maka dia harus berani. Karena selama ini terkesan pengadilan itu takut dengan KPK meskipun sebenarnya tidak cukup bukti,” ujar Otto di Manado, Selasa, 5 November 2019. 

Di Depan Gibran, Otto Hasibuan Kecam Rencana Pemerintah Bikin Dewan Advokat Nasional

Ia mengatakan, keputusan ini merupakan pendekatan hukum yang adil. Karena, bagaimanapun fakta persidangan harus menjadi petokan hakim dalam mengambil keputusan. 

“Bahkan lebih jauh sebenarnya saya berharap, kalau umpamanya ternyata bahwa jaksa sendiri yang melihat bahwa bukti-buktinya kurang kuat, sesungguhnya jaksa pun harus berani juga menuntut bebas. Jangan sampai hakimnya yang membebaskannya karena itu lebih baik,” ujar Otto. 

Di Rakernas Peradi Gibran jadi Incaran Para Advokat Diajak Berfoto

Otto juga menyinggung istilah yang selama ini digunakan yakni memperkuat KPK. Sebab menurutnya, semua penegak hukum harus diperkuat, tidak hanya KPK. 

“Ini menurut saya salah. Saya sarankan presiden pun jangan pakai kata-kata perkuat KPK. Mengingat kalau perkuat KPK terkesan seakan-akan yang lain dilemahkan termasuk jaksa dilemahkan, polisi dilemahkan," katanya. (ase)

Arsul Sani resmi dilantik sebagai Hakim Konstitusi MK

Arsul Sani Mundur dari DPR, PPP hingga Peradi Usai Jadi Hakim MK: Semuanya Clear!

Arsul Sani telah resmi menjadi Hakim Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) setelah membacakan sumpah dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowo) di Istana Negara, Jakarta

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024