Tim SAR Gabungan Cari Karyawan Wuling Hingga ke Palung Laut

Tim Basarnas bersiap mencari tiga WNA Tiongkok yang hilang saat menyelam.
Sumber :
  • VIVAnews/ Yandi Deslatama (Banten)

VIVA – Tim penyelam dari Basarnas dan Intai Amfibi atau Taifib Marinir TNI AL, melakukan pencarian dengan menyelam hingga ke lautan yang dekat Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Banten.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Jumlah penyelam yang diterjunkan 10 personel dari Basarnas Banten dan lima personel dari TNI AL untuk mencari tiga karyawan Wuling.

"Sekitar 300 meter setelah Pulau Sangiang itu kan ada palung. Tadi tim penyelam sudah sampai sana juga. Ada kemungkinan, penyelam yang hilang berada di sana," kata Humas Basarnas Banten, Galih, saat dikonfirmasi, Rabu malam, 6 November 2019.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Tim penyelam pun menggunakan dua tabung oksigen, untuk keselamatan mereka berada di bawah air selama pencarian. Hingga sekarang, pencarian sudah memasuki hari ke tiga.

"Double tabung (oksigen), itu demi keselamatan dan kenyamanan penyelam di bawah air. Paling enggak, mereka sekitar satu jam berada di bawah air," jelasnya.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Galih menjelaskan, selama proses pencarian, ada tantangan seperti cuaca. Ketinggian ombak di sekitar lokasi pencarian mencapai dua meter, ditambah arus bawah laut yang kencang.

Begitupun keamanan dan kesehatan penyelam harus tetap di utamakan oleh tim SAR gabungan. Penjadawalan personel tim selam pun diperhatikan, sehingga tak kelelahan selama proses pencarian.

"Bagaimanapun keselamatan dan keamanan tim SAR harus kita utamakan bersama," ujarnya.

Selain itu, proses pencarian tiga penyelam Warga Negara China ini juga dilakukan evaluasi. Hal ini untuk mengetahui progres dan menetapkan rencana kegiatan berikutnya.

"Standar (pencarian) tujuh hari, bisa kurang atau lebih tergantung evaluasi pada malam harinya. Dan, tergantung dari evaluasi tim di posko dan di putuskan oleh SMC (SAR Mission Coordinator)," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya