Duet Wishnutama-Angela Didorong Bisa Kembangkan Wisata MICE

Duet Wishnutama Kusbandio-Angela Tanoesoedibjo saat Raker di Komisi X DPR
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Duet Wishnutama Kusbandio-Angela Tanoesoedibjo diharapkan bisa mengarahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan wisata Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE). Pengembangan ini penting salah satunya potensi mendongkrak wisata RI di mata dunia.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Hal ini disampaikan Ketua Umum DPP Asosiasi Kongres dan Kovensi Indonesia (Akkindo), Iqbal Alan Abdullah. Ia pun mengusulkan agar Angela selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa dipercaya dalam tugas khusus ini. Selain berlatarbelakang bisnis media, perempuan 32 tahun itu paham urusan pariwisata.

"Jadi, nanti semua unsur yang ada di kementerian maupun badan yang memiliki kaitan dengan MICE akan dikoordinasikan oleh wamen yang menurut Perpres Nomor 69 Tahun 2019 punya tugas membantu menteri," kata Iqbal, dalam keterangannya, Jumat malam, 8 November 2019.

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Dia menjelaskan pentingnya pengembangan MICE di RI. Dari data yang diperolehnya Kota Bangkok, Thailand sudah berhasil dalam mengembangkan MICE. Posisi Kota Bangkok saat ini sudah menembus 10 besar MICE dunia. Sementara, Bali masih ada di posisi 69 dan Jakarta di peringkat 120.

"MICE memiliki spending of money dan lenght of stay lebih besar daripada wisata lainnya. Serta mampu mendatangkan banyak wisatawan dalam satu kali kegiatan pertemuan," jelasnya.

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Kemudian, peluang lain yang bisa ditangkap yaitu penyerapan tenaga kerja sampai investasi di bidang pembangunan.

"Tak hanya akan mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanagara, tetapi juga lebih banyak investasi, mendorong pertumbuhan perdagangan di tengah tekanan perdagangan global," tuturnya.

Dia menekankan jika MICE ini bukan sekedar event atau special event. Dalam MICE itu merujuk Professional Conference Organizer (PCO) dan Professional Exhibition Organizer (PEO) sebagai penyelenggara. MICE juga punya wisatawan berbeda dari biasanya.

"Mereka umumnya adalah pelaku perjalanan dengan tujuan bisnis, pejabat, atau penentu kebijakan, aktivis NGO, atau organisasi pemerintah (IGO)," tuturnya.

Iqbal berharap kekurangan di periode pemerintahan sebelumnya bisa diatasi kali ini dengan duet Wisnutama dan Angela. Apalagi Jokowi selaku kepala negara juga ingin ada perbaika di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Kami ingin mendorong keduanya (Wishnutama-Angela) bisa sungguh-sungguh memperhatikan MICE ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya