Jokowi Segera Pangkas Eselon IV di Seluruh Kementerian

Rapat kerja kabinet Jokowi-Maruf Amin di Istana Negara
Sumber :
  • Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo akan segera memangkas eselon IV di berbagai Kementerian maupun Lembaga. Ini sebagai tahap awal dalam program reformasi birokrasi yang dia jalankan di periode keduanya.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Saya kira di Kementerian PANRB menyiapkan yang nanti akan memangkas pertama mungkin eselon 4 terlebih dahulu di tiap kementerian," kata Jokowi dalam ratas program cipta lapangan kerja, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 11 November 2019.

Meski demikian, Jokowi menekankan bahwa pemangkasan ini juga harus dilihat secara cermat, dan harus dikaji  dengan benar. Dia menilai, bahwa reformasi birokrasi di Kementerian dan Lembaga adalah aspek penting dalam program cipta lapangan kerja. 

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Menurutnya, sebaik apapun regulasi, jika orientasi birokrasi masih belum berubah maka akan menjadi masalah atau hambatan, khususnya terkait kecepatan.

"Oleh karena itu, reformasi birokrasi harus dilakukan besar-besaran paralel dengan pemangkasan regulasi yang ada," kata Jokowi.

Bahlil Yakin Jokowi Mau Bertemu dengan Megawati: Tidak Perlu Grasah Grusuh

Dia juga menekankan agar mengubah cara kerja dari manual atau analog ke sistem digital. Perubahan pola pikir juga ditekankan harus diubah dari 'dilayani' menjadi 'melayani'.

"Dan yang enggak kalah pentingnya adalah mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil. Jangan sampai kita masih bertele-tele di prosedur tapi goalnya justru tidak dilihat. Sekali lagi mengubah orientasi prosedur ke orientasi hasil." [mus] 
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

LSI merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024, salah satunya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami kenaikan, yakni 76,2 persen.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024