Semalam, Rentetan Gempa Dangkal Guncang Bali

Titik gempa di Bali
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Rentetan gempa mengguncang Bali. Pusat gempa berada di Kabupaten Buleleng. Kamis malam, sudah tiga kali gempa mengguncang. Kekuatan terbesar 4,4 Magnitudo terjadi pada pukul 23.10 WITA.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 3.3 Magnitudo terjadi pada pukul 22.32 WITA dan 3,4 Magnitudo terjadi pada pukul 23.19 WITA.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III, M Taufik Gunawan menjelaskan, wilayah Seririt diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan, bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 8,19 LS dan 114,91 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 kilometer barat daya Buleleng pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar naik belakang busur (Back Arc Thrust)," kata Taufik, Kamis malam, 14 November 2019.
   
Ia melanjutkan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Seririt III-IV MMI. Gempa dirasakan oleh banyak orang. Juga terjadi gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia. [mus]

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024