UIN Kabulkan Pengunduran Diri Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad (UAS)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Upaya pengunduran diri Ustaz Abdul Somad akhirnya dikabulkan. Setelah melewati tahapan pertimbangan yang panjang, akhirnya pihak Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) mengabulkan permohonan pendakwah kondang yang akrab disapa UAS.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

"Rektor bersama unsur pimpinan telah melakukan pembahasan dan rapat mendalam tentang ini dan akhirnya disepakati untuk menerima dan mengabulkan permohonan pengunduran diri UAS sebagai dosen PNS UIN SUSKA Riau," kata Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Ahmad Supardi kepada VIVAnews, Selasa, 19 November 2019.

Ahmad Supardi menjelaskan, dari hasil konsultasi yang dilakukan bersama Kementerian Agama RI di Jakarta, terdapat jawaban bahwa keputusan pengunduran diri UAS diserahkan kepada pihak rektorat UIN Riau.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

"Hasil konsultasi yang dilakukan kemarin disebutkan bahwa keputusan ada pada rektor UIN Riau yang diberi kewenangan mengabulkan dan menolaknya," ujar Ahmad.

Setelah mendapat jawaban, rektor bersama pimpinan terkait melakukan rapat bersama dan memberikan jawaban sikap atau keputusan serta mengabulkan permohonan pengunduran diri UAS. “Sehingga terhitung tanggal 1 Desember 2019 UAS tidak lagi berstatus sebagai dosen PNS pada UIN Suska Riau," tegas Ahmad.

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

Sebagaimana diketahui bahwa dengan alasan kesibukan UAS mengajukan surat pengunduran dirinya yang ditujukan kepada Rektor UIN beberapa waktu lalu. Pihak rektorat yang menerima surat tersebut sempat melakukan berbagai pertimbangan. Termasuk melakukan pemanggilan terhadap UAS dengan alasan ingin mendengarkan langsung alasan tersebut. Tapi tiga kali pemanggilan melalui surat tersebut, UAS tidak datang. 

Sampai pada upaya terakhir, UIN berkonsultasi dengan Kemenag RI sebelum mengabulkan pengunduran diri UAS sebagai dosen PNS pada UIN Suska Riau. 

Terkait keputusan ini, pihak rektorat berharap ke depan UAS lebih bermanfaat bagi umat dan bangsa. Pihak rektorat juga berdoa bersama semoga ke depan UIN Riau mampu melahirkan UAS-UAS baru yang akan memberikan pencerahan bagi umat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya