Prabowo Bertemu Menhan Ghana, Bahas Kerja Sama Bidang Militer

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Pertahanan Ghana, Dominic B.A. Nitiwul, di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.
Sumber :
  • Puskom Publik Kemhan

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Sibianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Republik Ghana Dominic BA Nitiwul, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

Israel-Iran Memanas, Erick Sebut Kontrak BUMN Pertahanan Naik 

Kunjungan dilakukan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara, terutama dalam rangka menjajaki kerja sama di bidang pertahanan.

"Menhan (Prabowo) menyampaikan Indonesia sangat terbuka terhadap semua hal positif yang memungkinkan adanya kerja sama saling menguntungkan dengan sahabat manapun, termasuk dengan Ghana," kata Kapuskom Publik Kemhan Brigjen Totok Sugiarto, melalui siaran pers.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Dalam pertemuan tersebut Prabowo memaparkan kemampuan industri militer yang dimiliki Indonesia, dan bisa dikerjasamakan dengan Ghana.

"Salah satu potensi yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dan Ghana, menurut Menhan RI adalah kerja sama dalam hal produk-produk industri pertahanan," ujarnya.

Hari Ke-2 Lebaran, Prabowo Keliling Kunjungi Kerabat: Jokowi, ARB, Dasco, Zulhas hingga Airlangga

Dalam kesempatan itu, Menhan Ghana menyampaikan ingin mempererat hubungan persahabatan antara Ghana dan Indonesia yang sudah terjalin baik selama. Kedua negara memiliki persamaan sebagai negara pejuang yang pada zaman dahulu berjuang untuk merebut kemerdekaan.

Untuk itu, menurutnya, kerja sama di bidang pertahanan antara kedua negara menjadi sangat penting dilakukan, yang diantaranya dapat dimulai dari kerja sama di bidang pendidikan dan latihan melalui pertukaran siswa dan kerja sama antarlembaga pendidikan militer.

Ghana juga ingin menjajaki kerja sama di bidang industri pertahanan dengan Indonesia. Alasannya, karena Indonesia merupakan contoh negara berkembang yang saat ini memiliki perkembangan industri pertahanan yang sangat pesat.

Selain terkait kerja sama pertahanan, Menhan Ghana pada kesempatan itu menyampaikan mengaku sangat mengagumi kematangan demokrasi di Indonesia, yang dapat menjadi contoh yang baik dalam kehidupan demokrasi di dunia. Terkait hal tersebut, Ghana ingin mencontoh kehidupan demokrasi di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya