Bertemu Ketum PP Muhammadiyah, Kapolri Bahas Penanggulangan Terorisme

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bertemu Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, Kamis, 21 November 2019. Kunjungan ini sebagai upaya meningkatkan kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan.

Agussani Kembali Dilantik Sebagai Rektor UMSU, Ini Pesan Ketum PP Muhammadiyah

"Kunjungan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama, menjalin ukhuwah serta koordinasi. Ini merupakan implementasi dari sinergitas polisionil program prioritas Polri, yakni penguatan sinergitas polisional dengan organisasi kemasyarakatan," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal kepada VIVAnews, Jumat, 22 November 2019.

Selain itu, Iqbal menuturkan, pertemuan tersebut dilakukan untuk berdiskusi strategi terbaik untuk menanggulangi aksi-aksi terorisme yang terjadi saat ini. "Kami tadi berdiskusi strategi terbaik untuk menanggulangi aksi-aksi terorisme. Tentunya dengan melibatkan semua stakeholders," ujarnya.

PP Muhammadiyah Surati Jokowi Jelang Pembentukan Pansel KPK

Lebih lanjut, Iqbal menuturkan, gerakan Muhammadiyah di Indonesia telah terbukti menjadi gerakan Islam yang sekaligus kekuatan nasional. Bahkan, dalam pergerakan kemerdekaan, melalui para tokohnya, Muhammadiyah terlibat aktif mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Komitmen Muhammadiyah dalam membangun bangsa tidak perlu diragukan lagi. Kita bisa melihat bukti nyata berdirinya ribuan sekolah dan lembaga pendidikan oleh Muhammadiyah sebagai salah satu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

5 Pesan Ketum Muhammadiyah Untuk Jamaah Haji Indonesia

Mantan Wakapolda Jawa Timur ini pun menuturkan, Kapolri menyampaikan, Muhammadiyah sebagai salah satu mitra penting Polri yang terlibat aktif dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) lewat misi pendidikannya.

"Muhammadiyah ikut menyebarkan nilai-nilai Islam sesuai dengan tuntunan aqidah dan norma akhlakul karimah, dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang harmonis," ujarnya.

Kapolri pun berharap kunjungan silaturahmi ini dapat memperkuat Ukhuwah Islamiyah antara Polri dan Muhammadiyah dalam mewujudkan Indonesia maju, aman, damai di tengah keberagaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya